Breaking News:

9 Alasan Metode Pembelajaran Visual Lebih Efektif untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Metode pembelajaran melalui media visual akan lebih mudah diterima oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ketimbang metode bacaan biasa.

slbpamardiputra.wordpress.com
Ilustrasi - Anak berkebutuhan khusus 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Individu special needs atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) membutuhkan metode khusus supaya mampu menyerap informasi dengan optimal.

Pemegang Lisensi Boardmaker Tobii Dynavox, Rosita Simin menjelaskan, metode pembelajaran melalui media visual akan lebih mudah diterima oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ketimbang metode bacaan biasa.

Hal itu dikarenakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) cenderung sulit menginterpretasikan bahan bacaan tanpa simbol gambar.

"Anak-anak special (ABK) ini susah untuk berimajinasi dan memahami sesuatu yang abstrak. Jadi harus dibantu dengan penggunaan simbol gambar," kata Rosita Simin saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (5/11/2019).

Visual Learners Jadi Metode Pembelajaran sekaligus Alternatif Komunikasi untuk Special Needs

Rosita Simin menjelaskan ada 9 alasan mengapa metode visual lebih efektif digunakan pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) daripada cara belajar biasa.

Alasan pertama adalah visual support (dukungan secara visual) akan lebih permanen diterima otak.

"Simbol dan gambar yang diberikan pada special needs akan lebih mudah diterima dan masuk ke otak mereka. Dengan begitu, mereka juga akan cenderung mengingatnya lebih lama," tutur perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Forkasi Chapter Surabaya ini.

Kedua adalah gambar-gambar visual.

Menurut Rosita Simin, gambar-gambar visual akan memberi waktu kepada otak untuk memproses bahasa.

"Simbol gambar itu akan masuk ke otak mereka dan diproses maksudnya hingga menjadi informasi yang dimaksudkan," tuturnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved