Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Jember ini Ditangkap Tim Serigala Polsek Sumbersari

Sepak terjang Rahmat Subarka (33) yang beberapa kali 'mencuri ' di rumah kosong di Kabupaten Jember berakhir di tangan Tim Serigala Polsek Sumbersari

Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Jember ini Ditangkap Tim Serigala Polsek Sumbersari
istimewa
hasil pencurian barang bukti di Jember 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sepak terjang Rahmat Subarka (33) yang beberapa kali 'mencuri ' di rumah kosong di Kabupaten Jember berakhir di tangan Tim Serigala Polsek Sumbersari.

Pencurian yang dilakukan warga Desa Yosorati Kecamatan Sumberbaru itu berhenti ketika polisi bisa menangkapnya pada Sabtu (30/11/2019).

"Ternyata pelaku ini adalah pencuri spesialis rumah kosong. Tindak kejahatannya adalah pencurian dengan pemberatan. Ada beberapa rumah kosong yang sudah disasarnya," ujar Kapolsek Sumbersari Kompol Faruk Mustafa Kamil kepada Tribunjatim.com, Senin (2/12/2019).

Polisi menangkap Rahmat di kawasan Perumahan Puri Bunga Nirwana Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari. Tidak tanggung-tanggung, Rahmat sudah menggarong tiga rumah kosong di Perumahan Puri Bunga Nirwana itu.

Peserta yang Lolos SNMPTN 2020 Tak Boleh Daftar SBMPTN, Bakal Dikenai Sanksi Bagi Pendaftar Curang

Warga dan Muspika Semberbaru Jember Kerjabakti Perbaiki Sekolah yang Rusak

Madura United Vs Persebaya, Diwarnai Kartu Merah, David da Silva Borong 2 Gol, Bajul Ijo Menang 2-3

"Pelaku ini menyurvei terlebih dahulu rumah yang hendak disasarnya. Dia mencari rumah kosong yang ditinggal pergi oleh pemiliknya, atau pemiliknya bekerja. Setelah memastikan penghuni rumahnya tidak ada, pelaku masuk rumah dengan cara melompat pagar, menjebol dinding rumah, atau mencongkel jendela untuk masuk rumah," imbuh Faruk kepada Tribunjatim.com.

Setelahnya, dia menyasar barang-barang dari dalam rumah. Dia mengeluarkan barang-barang itu dari pintu rumah yang dibukanya secara paksa.

Dari tiga rumah di perumahan tersebut, Rahmat mencuri sejumlah barang seperti televisi, audio televisi, ponsel juga mesin pemotong rumput.

Dari tangan Rahmat, polisi menyita tujuh barang bukti. Kerugian dalam peristiwa yang dilakukan oleh Rahmat mencapai Rp 20 juta.

Kini Rahmat telah mendekam di sel Mapolsek Sumbersari. Polisi menjeratnya memakai pasal 363 ayat 1 ke-5 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat). (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved