Tokopedia Akselerasi Pemerataan Ekonomi Daerah di Wilayah Jawa Timur

Tokopedia menyatakan akan terus menerus melakukan akselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia termasuk Jawa Timur.

Tokopedia Akselerasi Pemerataan Ekonomi Daerah di Wilayah Jawa Timur
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyebut, bahwa kinerja Tokopedia di wilayah Jawa Timur telah memberikan pengaruh besar untuk perekonomian Indonesia. Pernyataan itu diungkapkan secara langsung oleh Ekhel Chandra Wijaya saat ditemui wartawan TribunJatim.com dalam acara media Briefing "Dampak Tokopedia Terhadap Perekonomian Jawa Timur" di Hotel Santika Premiere Gubeng, Kota Surabaya, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem.

Tokopedia menyatakan akan terus menerus melakukan akselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia termasuk Jawa Timur.

Selama lebih dari 10 tahun, dampak pemerataan ekonomi digital tersebut bahkan sudah bisa dirasakan Iangsung oleh masyarakat dari Sabang sampai Merauke, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Daftar Harga HP Terbaru Desember 2019 Lengkap dengan Spesifikasi: Xiaomi, Oppo, Samsung hingga Vivo

Pemerintah Kabupaten Sidaorjo Beri Penghargaan ke Enam Perusahaan Go Green dan Terapkan SKPL

Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, Tokopedia telah berkontribusi terhadap Gross Domestic Product (GDP) Jawa Timur.

Adapun GDP adalah adalah total nilai produksi barang dan jasa di dalam suatu negara selama satu tahun.

"Pengaruh Tokopedia juga dirasakan di hampir seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Jawa Timur. Pada 2018 saja, Tokopedia telah berhasil berkontribusi terhadap GDP Jawa Timur sebesar Rp9.068.280.000.000 dan diprediksi meningkat di tahun ini menjadi Rp25.190.062.000.000," kata Ekhel Chandra Wijaya saat ditemui wartawan TribunJatim.com di Hotel Santika Premiere Gubeng, Kota Surabaya, Selasa (3/12/2019).

UMK Kota Malang Naik, Wali Kota Sutiaji Optimis Itu Tidak Akan Menghambat Investasi

Ekhel Chandra Wijaya menerangkan, Tokopedia turut berkontribusi terhadap total pendapatan rumah tangga di Jawa Timur pada tahun 2018 yaitu, sebesar Rp3.458.673.000.000 dan pada tahun 2019 diprediksi meningkat menjadi Rp9.605.023.000.000.

Ekhel Chandra Wijaya menuturkan, ada sebuah Riset yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada tahun 2018-2019 yang membuktikan bahwa Tokopedia telah memberikan pengaruh besar untuk perekonomian Indonesia khususnya juga di wilayah Jawa Timur.

Gadis 14 Tahun Dirudapaksa Ayah Kandungnya, Pelaku Ngaku Gauli Anak 2 Kali Seminggu Selama 3 Tahun

"Pada riset itu pula tercatat selama 2018 lalu, GMV (Gross Merchandise Value) Tokopedia telah berhasil menembus angka Rp73 triliun. Nilai ini diperkirakan naik menjadi Rp222 triliun pada 2019 atau setara dengan 1,5% perekonomian Indonesia," ujar Ekhel Chandra Wijaya.

Berkaca dari kondisi itu, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia berkomitmen menggerakkan perekonomian dalam negeri.

Komitmen itu menciptakan negara Indonesia yang akan terus menjadi fokus utama Tokopedia termasuk juga di wilayah Jawa Timur.

Tokopedia berusaha relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal demi mempermudah seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami selalu berusaha relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal demi mempermudah seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Surabaya, Jawa Timur, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih," papar Ekhel Chandra Wijaya.

Di Jawa Timur, khususnya di Surabaya sendiri, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan,Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, dan Tokopedia Comer.

Bocah 13 Tahun Kepergok Congkel Kotak Amal Musala Demi Bayar Servis Handphone

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved