Natal dan Tahun Baru

Jelang Malam Pergantian Tahun Baru 2020, Enam Motor Terciduk Razia Knalpot Brong di Nganjuk

Jelang pergantian Tahun Baru 2020, enam motor tak sesuai standar terjaring razia knalpot brong di Nganjuk.

Jelang Malam Pergantian Tahun Baru 2020, Enam Motor Terciduk Razia Knalpot Brong di Nganjuk
SURYA/ACHMAD AMRU MUIZ
Jajaran Satlantas Polres Nganjuk saat menggelar razia motor terutama berkenalpot brong dalam rangka mengantisipasi konvoi pergantian Tahun Baru 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Jelang perayaan Tahun Baru 2020, jajaran Satlantas Polres Nganjuk meningkatkan pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2019.

Operasi Lilin Semeru 2019 kali ini dengan target sasaran sepeda motor berknalpot brong yang melintas di jalanan Kota Nganjuk.

Kasatlantas Polres Nganjuk, AKP Hegy Renanta menjelaskan, dilakukanya razia sepeda motor berkenalpot brong dimaksudkan untuk lebih menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat saat merayakan pergantian Tahun Baru 2020.

Polisi Amankan 34 Unit Motor Berknalpot Brong Jelang Perayaan Malam Tahun Baru di Kota Blitar

Ini setelah sepeda motor knalpot brong dinilai akan mengganggu dan meresahkan warga ketika perayaan Tahun Baru 2020.

"Kami tidak ingin dalam perayaan pergantian tahun baru di kota Nganjuk serta umumnya seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk ini ada gangguan keamanan apapun. Makanya kami gelar razia knalpot brong yang kami khawatirkan akan mengganggu masyarakat," kata Hegy Renanta, Selasa (31/12/2019).

Disamping itu, dikatakan Hegy Renanta, dalam kegiatan Operasi Lilin Semeru 2019 jelang pergantian Tahun Baru 2020 ini juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan konvoi.

Polda Jatim Mulai Razia Motor Knalpot Brong, Ketahuan Bising, Motor Disita dan Dihadiahi Tilang

Termasuk menggunakan kendaraan yang tidak standar sesuai aturan yang ada.

Oleh karena itu, ungkap Hegy Renanta, dalam pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2019 jelang pergantian Tahun Baru 2020 tersebut pihaknya lebih mengutamakan upaya pembinaan kepada masyarakat.

Namun apabila pelanggaran lalu lintas yang terjadi dinilai membahayakan dan berat maka akan diterapkan sanksi tilang.

Polrestabes Surabaya Gencar Operasi Knalpot Brong, Jika Ketahuan Berisik Langsung Ditilang Polisi

"Itu semua demi menciptakan suasana kondusif dalam perayaan menayambut pergantian tahun di Nganjuk," tandas Hegy Renanta.

Sementara itu, dijelaskan Hegy, dari Operasi Lilin Semeru 2019 jelang pergantian Tahun Baru 2020 setidaknya sekitar 80 sepeda motor terjaring razia.

Dengan rincian 6 unit sepeda motor dengan knalpot brong, 64 unit sepeda motor tanpa SIM dan 10 unit sepeda motor tanpa dilengkapi dengan STNK.

Polres Sampang Musnahkan Ratusan Miras dan 17 Unit Kenalpot Brong, Lanjut Operasi Lilin Semeru 2019

Dikatakan Hegy, untuk pelanggar knalpot brong yang terkena razia sepeda motor langsung diamankan ke Mapolres Nganjuk sebagai barang bukti.

Pemiliknya akan diminta memasang knalpot asli dan membuat surat pernyataan tidak akan menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar atau knalpot brong.

"Silakan pemilik motor terkena razia harus memasang kembali knalpot asli atau knalpot standar di Mapolres. Sebelum motor distandarkan tidak bisa diambil. Itu sebagai hukuman untuk sepeda motor knalpot brong atau tidak standar," tutur Hegy Renanta. (Achmad Amru Muiz)

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Bikin Pohon Tumbang di Tol Porong Sidoarjo, Macet 300 Meter

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved