Pembangunan Tanggul Kali Lamong di Gresik Dianggarkan APBN Rp 1,04 Trilliun

Khofifah Indar Parawansa menegaskan, bahwa rencana membuat tanggul di Gresik untuk antisipasi banjir Kali Lamong akan segera terealisasi.

Pembangunan Tanggul Kali Lamong di Gresik Dianggarkan APBN Rp 1,04 Trilliun
TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali menegaskan, bahwa rencana membuat tanggul di Gresik untuk antisipasi banjir Kali Lamong akan segera terealisasi. 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali menegaskan, bahwa rencana membuat tanggul di Gresik untuk antisipasi banjir Kali Lamong akan segera terealisasi.

Bahkan, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, anggaran membuat tanggul senilai Rp 1,04 trilliun akan masuk dalam APBN tahun 2021 mendatang.

Hal itu ia tegaskan lantaran Khofifah sudah mendapatkan konfirmasi dari Kementerian Bappenas dan Kementerian Keuangan bahwa proyek tanggul Kali Lamong yang juga masuk dalam 218 proyek strategis nasional sesuai Perpres No 80 Tahun 2019 sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Di lampiran Perpres No 80 Tahun 2019 itu eksplisit disebutkan pembangunan tanggul Kali Lamong, nilai proyeknya Rp 1,04 trilliun. Kota sudah konfirmasi ke kementerian dan kemenko, dan terkonfirmasi bahwa proyek di perpres yang memandatkan 218 proyek itu sudah masuk dalam RPJMN," tegas Khofifah Indar Parawansa saat blusukan di Gresik, Minggu (19/1/2020).

Mantan Menteri Sosial itu menegaskan bahwa terkait pananggulan Kali Lamong bahkan sudah dirapatkan lebih dari dua kali, termasuk dengan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat.

Begal Bawa Kabur Motor Korban Kecelakaan dengan Modus Pura-Pura Menolong, Kritis Dihajar Warga

BREAKING NEWS - Pinkan Mambo Tiba di Polda Jatim, Artis Ketiga Diperiksa Terkait Investasi MeMiles

Dari rapat tersebut telah didapatkan bahwa solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir tahunan di sepanjang Kali Lamong sisi Gresik adalah membuat tanggul.

Bukan pengerukan atau normalisasi sungai yang menurut hasil rapat hanya akan menjadi solusi temporer.

"Kita ke Kemenkeu untuk mengkonfirmasi bahwa anggaran yang ditulis di lampiran perpres itu sekian untuk tanggulnya, tapi kan ada kebutuhan anggaran untuk pembebasan lahan, maka kita berharap dari Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN) yang ada di bawah koordinasi Kementrian Keuangan itu akan memberikan guarantee untuk pembebasan lahannya," tegas Khofifah Indar Parawansa.

Komisi III DPRD Gresik Prihatin Lihat Jalan Rusak di Ujung Pangkah Tak Kunjung Diperbaiki

Sidang Lanjutan Pelajar Malang Terdakwa Pembunuh Begal Demi Lindungi Pacar, Agenda Pemeriksaan Saksi

Khofifah Indar Parawansa menjelaska, bahwa untuk tanggul tersebut akan dilakukan feasibility study (FS) atau studi kelayakan ulang.

Pasalnya, feasibility study (FS)  perencanaan tanggul Kali Lamong yang pernah dilakukan sudah cukup lama yaitu tahun 2016.

Sehingga, butuh dilakukan penyesuaian ulang.

"Anggarannya untuk infrastruktur tanggul ada di tahun 2021. FS nya bisa tahun ini. Maka kami berharap sosialisasi dan pendekatan ke masyarakat bisa mulai dibantu oleh Pemkab Gresik," kata Khofifah Indar Parawansa.

Tes SKD CPNS Kota Blitar 2019 Dilaksanakan 4 Hari, Catat Lokasi dan Waktunya

Pedasnya Harga Cabai Rawit di Kabupaten Gresik, Capai Rp 65 Ribu Per Kg

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved