Arumi Bachsin Ajak Warga Jatim Cegah Stunting, Bisa Mulai Identifikasi Anak Sejak Usia 0-2 Tahun

Arumi Bachsin mengajat masyarakat Jawa Timur untuk mencegah stunting sejak usia 0-2 tahun.

ISTIMEWA
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak saat Monev Stunting dan Kematian Ibu dan Bayi (KIB) di Desa Tebul, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Selasa (21/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua TP PKK Prov Jatim Arumi Bacshin meminta kerja sama semua pihak untuk mencegah stunting sejak dini. 

Selain orang tua atau wali murid, guru pengajar juga mempunyai kewajiban untuk ikut memantau dari dekat tumbuh kembang anak baik di rumah maupun sekolah.

Hal tersebut disampaikan Arumi Bachsin saat Monev Stunting dan Kematian Ibu dan Bayi (KIB) di Desa Tebul, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Selasa (21/1/2020).

Arumi Bachsin Blusukan ke Taman Posyandu Delima di Malang, Kagum Beri Layanan Balita Hingga Lansia

"Pencegahan stunting merupakan tugas bersama seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya pemerintah. Perlu kesadaran bersama agar bisa membangun generasi  lebih bagus dan unggul serta bebas dari stunting," ujar Arumi Bachsin.

Dalam kesempatan tersebut, Arumi Bachsin menjelaskan, dalam rangka mencegah stunting, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengidentifikasinya terlebih dahulu.

Untuk itu, pemerintah dibantu PKK di seluruh kabupaten kota melakukan identifikasi dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk bisa melihat lebih dekat.

Selain itu, dengan turun langsung ke lapangan, PKK akan mengetahui pendekatan yang sesuai kepada masyarakat dalam mencegah stunting.

PKK juga harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, orang tua, dan sekolah terlebih dahulu informasi seputar stunting dengan harapan bisa membantu pemerintah dalam upaya mencegah stunting.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved