Siapkan Data Terpadu, Diskominfo Kabupaten Blitar Adakan Bimtek Aplikasi One Data untuk OPD

Pemkab Blitar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Blitar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi One Data

Surya/samsul hadi
Suasana peserta bimtek Aplikasi One Data di ruang Perdana Kantor Diskominfo Kabupaten Blitar, Kamis (30/1/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkab Blitar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Blitar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi One Data di ruang Perdana Kantor Diskominfo Kabupaten Blitar, Kamis (30/1/2020).

Bimtek diikuti semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blitar sebagai produsen data untuk mengisi data prioritas di masing-masing OPD di dalam aplikasi.

Bimtek Aplikasi One Data dibuka oleh Sekretaris Diskominfo Kabupaten Blitar, Luluk Ismojo dengan didampingi Kabid Statistik dan Persandian, Agus Winardi.

Sedangkan, Kepala Diskominfo Kabupaten Blitar, Eko Susanto, menjadi narasumber dalam acara bimtek.

Kepala Diskominfo Kabupaten, Eko Susanto mengatakan bimtek ini diadakan untuk mengimplementasikan Perbup Blitar No 68 Tahun 2019 tentang Satu Data Kabupaten Blitar.

Tujuannya, menyediakan data akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan untuk OPD.

Supriadi Akui Persaingan di Sektor Sayap Persebaya Surabaya Kian Ketat

Prakiraan Cuaca BMKG Besok Jumat (31/1/2020) di Surabaya, Berawan hingga Potensi Hujan Lokal

Curhatan Janda 45 Tahun Sebelum Tewas Bersimbah Darah di Surabaya, Dua Kali Mau Dibunuh Eks Suami

Data itu dibutuhkan dalam membangun sistem data untuk interoperabilitas dan peningkatan SDM pengelola data di masing-masing OPD di Kabupaten Blitar.

"Bimtek ini bagian untuk meningkatkan SDM pengelola data di tiap OPD di Kabupaten Blitar," katanya.

Eko juga menjelaskan terkait Peranan Data dan Implementasi Perbup tentang Satu Data ke para peserta bimtek. Dalam bimtek juga dilaksanakan pengisian Aplikasi One Data oleh tiap OPD di Kabupaten Blitar.

Selanjutnya, Diskominfo Kabupaten Blitar sebagai wali data akan melakukan normalisasi pengisian data di aplikasi yang dilakukan tiap OPD. Pengisian data di aplikasi itu untuk memenuhi kecukupan kebutuhan data baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional. (sha/adv/Tribunjatim.com)

 

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved