Gus Sholah Meninggal Dunia

Gus Solah Akan Dimakamkan di Samping Makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng Jombang

Persiapan pemakaman KH. Salahuddin Wahid (Gus Solah) mulai dilakukan di area Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jalan Irian Jaya Nomor 10, Kecamatan Cukir,

Surya/Mohammad Romadoni
Persiapan pemakaman Gus Solah di Ponpes Tebu Ireng Jombang 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Persiapan pemakaman KH. Salahuddin Wahid (Gus Solah) mulai dilakukan di area Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jalan Irian Jaya Nomor 10, Kecamatan Cukir, Kabupaten Jombang.

Rencananya, jenazah Kiai Salahuddin Wahid akan dimakamkan di samping makam Presiden RI-4 Abdurrahman Wahid di area kompleks keluarga Pesantren Tebuireng.

Pengasuh Pondok Tebu Ireng Putri, KH. Fahmi Amrullah Hadzik menjelaskan, Gus Solah semasa hidupnya pernah menyampaikan ke beberapa orang yang meminta dimakamkan di area pondok Pesantren Tebuireng.

"InsyaAllah ini beberapa waktu yang lalu dari beliau menunjukan nanti kalau saya meninggal lokasinya di sini (Tebu Ireng, Red)," ujar di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Senin (3/2/2020).

Ia mengatakan, kebetulan lokasi pemakaman berada lurus dengan makam ayah dan ibu beliau KH. Wahid Hasyim dan Sholichah Wahid yang terletak di sebelah utara. Lokasi makam Gus Solah ini tepatnya berada di sebelah barat sekitar tiga meter dari makam Abdurrahman Wahid.

"Kebetulan di situ posisinya kosong untuk lokasi makam di sebelah barat makam Gus Dur," ungkapnya.

Masih kata KH. Fahmi Amrullah Hadzik, guna mengantisipasi kesalahan dilakukan koordinasi dengan pihak keluarga besar pondok Pesantren Tebu Ireng untuk menentukan lokasi makam Gus Solah.

"Kita masih konfirmasi lagi untuk dipastikan tidak ada kesalahan untuk menentukan letak makam tersebut," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

PKB Kenang Almarhum Gus Sholah Sosok yang Dinamis: Acap Kali Beda Pendapat, Namun Tak Ada Dendam

Lihat di TV Putrinya dari China Sudah Tiba di Indonesia, Ayah di Lamongan: Senang, Cemas Masih Ada

Bocor Siasat Hotman Selingkuh di Belakang Anak-anaknya, Tak Apa Istri Tahu, ‘Pulang Jam 5 Subuh’

Ditambahkannya, saat ini masih dilakukan persiapan pemakaman sembari menunggu jenazah KH. Salahuddin Wahid dari Jakarta Selatan menuju ke rumah duka di Pondok Pesantren Tebu Ireng. Persiapan untuk menerima tamu peziarah juga dilakukan sampai malam 7 harinya.

"Kita persiapkan karena musim hujan tenda dan lain sebagainya," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved