Penerapan Tilang Elektronik di Surabaya

Rahasia Kamera CCTV E-Tilang di Surabaya, Tak Cuma Canggih, Komponennya Juga Bukan Sembarangan

Kmera CCTV e-tilang yang diterapkan di Surabaya tak hanya didukung dengan kecanggihan teknologi. Tapi, komponennya juga bukan sembarangan.

Rahasia Kamera CCTV E-Tilang di Surabaya, Tak Cuma Canggih, Komponennya Juga Bukan Sembarangan
Tribunnews.com/Jeprima
Sejumlah kendaraan melintasi kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan penilangan dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan memasang 10 kamera baru dengan fitur tambahan yang dapat mendeteksi pemakaian sabuk pengaman, penggunaan telepon genggam oleh pengemudi, nomor pelat ganjil genap, dan batas kecepatan mengemudi. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Selain didukung kecanggihan teknologi kamera CCTV, ternyata ada empat komponen yang penting dalam penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-Tilang.

Hal tersebut dikatakan oleh Manager Kawasan Inovasi ICT dan Robotics (Sciene-Technopark) ITS Surabaya Dr Ir Endroyono, DEA .

Menurutnya, syarat-syarat kamera CCTV yang diterapkan untuk e-tilang tidak sembarang kamera tetapi juga tidak harus kamera yang ajaib.

Satu Bulan E-Tilang Diberlakukan, Warga di Surabaya Ngaku Kapok & Tingkatkan Kewaspadaan Berkendara

Dalam artian bukan kamera yang amat mahal dengan spesifikasi khusus.

"Kami gunakan spesifikasi pertama, harus kamera digital kemudian dipilih yang sudah ada prosesor yang merubah hasil tangkapan menjadi data. Punya kemampuan mengolah data," kata Dr Ir Endroyono, DEA di Ruang ICT Robotics Center, Senin (24/2/2020).

Endroyono mengakui Surabaya sebagai kota yang unggul dalam penerapan lalu lintas cerdas.

Satu keunggulannya lalu lalang kendaraan yang lewat dari berbagai daerah seperti Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan (gerbang kertasulila) hingga kota lainnya dapat dihitung melalui kamera.

"Surabaya kota yang unggul untuk pengatur lalu lintas cerdas. Itu berkat kamera juga untuk menghitung kendaraan yang lewat, jarak antar kendaraan, berapa lama kendaraan berhenti itu berkat kamera juga," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved