Virus Corona di Indonesia

Cara Membuat Jamu dari Empon-empon Penangkal Virus Termasuk Corona, Bisa Dibuat di Rumah, Simak!

Merebaknya virus Corona di Indonesia berdampak pada komoditas rempah tradisional atau empon-empon. Berikut cara membuat jamu berbahan empon-empon.

Female Daily
Ilustrasi jamu tradisional. 

TRIBUNJATIM.COM - Merebaknya virus Corona di Indonesia hingga dua warga Depok Jawa Barat dinyatakan positif Covid-19 berdampak pada komoditas rempah tradisional atau empon-empon.

Masyarakat Indonesia mulai ramai membeli rempah tradisional atau empon-empon di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. 

Akibatnya, harga empon-empon mulai merangkak naik di berbagai daerah termasuk di Jawa Timur.

Potret Kabah Kosong Akibat Virus Corona Viral, Sunyi dan Hampa, Begini Kata Pemerintah Arab Saudi

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pun menyarankan warganya untuk mengonsumsi empon-empon sebagai penangkal ampuh virus Corona.

Hal ini setelah diteliti oleh peneliti Universitas Airlangga, empon-empon mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Guru Besar Biologi Molekular Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Nidom mengatakan, bahwa empon-empon bisa menjadi penangkal ampuh virus Corona atau Covid-19.

Polisi Nyamar Pakai Jilbab Pura-pura Pacaran Demi Cari Perampok Adiknya, Duel dan Dibacok Pelaku

Gara-gara Warkopnya Sepi Pembeli, Pasutri Lamongan Nekat Jual Sabu Demi Bayar Cicilan Rumah

Berdasar penelitian yang dilakukannya, kandungan dalam empon-empon tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan imunitas.

Nah, sistem ketahanan dan kekebalan tubuh inilah yang menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai penyakit.

"Corona ini kan virus ya, bukan bakteri. Jadi berkaitan sekali dengan daya tahan atau kekebalan tubuh. Semakin baik kekebalan tubuh, semakin baik pula reaksi dalam menangkal virus," tegas Prof Nidom kepada TribunJatim, Senin (2/3/2020) malam.

Menurutnya, dalam penelitian yang dilakukannya, dirinya menemukan bahwa kandungan dalam empon-empon bisa menangkal virus Corona.

Halaman
1234
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved