45 Anggota Dewan Madiun Nekat Kunker ke Jabar, Pulangnya Lalu Diisolasi Mandiri, 'di Rumah 14 Hari'

Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Madiun nekat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Barat di tengah merebaknya virus Corona.

TRIBUNJATIM.COM/DONI PRASETYO
ilustrasi ruang isolasi 

45 Anggota Dewan Madiun Nekat Kunker ke Jabar, Pulangnya Lalu Diisolasi Mandiri, 'di Rumah 14 Hari'

TRIBUNMADIUN.COM, MADIUN - Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Madiun nekat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Barat di tengah merebaknya virus Corona.

Padahal, pada 16 Maret 2020 lalu, Bupati Madiun, Ahmad Dawami secara lisan mengimbau pada seluruh warga Kabupaten Madiun agar tidak keluar kota, guna mencegah penularan virus Corona.

Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun Yudi Hartono, ketika dikonfirmasi Jumat (20/3/2020) membenarkan. "Benar sudah berangkat, tanggal 17 Maret 2020, kemarin. Ini sudah kembali semua, Jumat (20/3/2020) dini hari. Nggak ada yang sakit, nggak ada apa-apa," kata Yudi.

Polisi Madiun Gerebek Toko Pakan Burung, Temukan Puluhan Karung Gula, Ditimbun untuk Dijual Lagi

Keluhan PKL di Lapangan Gulun Madiun Sepi Pembeli, Gara-gara Siswa Sekolah Libur Demi Cegah Corona

Malah Cari Untung saat Virus Corona, 2 Pemuda Madiun Timbun 12.000 Masker, Harga per Boks Fantastis!

Yudi mengatakan, rombongan DPRD Kabupaten Madiun yang masuk dalam panitia khusus (pansus) mengikuti kunjungan kerja di Jawa Barat yang terbagi dalam tiga kelompok. Sebagian berangkat menggunakan mobil inventaris, dan ada sebagian yang menggunakan kereta api.

Yudi menuturkan, kegiatan kunker ke Jawa Barat sudah direncanakan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Madiun, sehingga harus dilaksanakan. Kegiatan kunker ini, lanjut Yudi, sangat penting untuk meningkatkan kualitas perda yang akan dihasilkan.

Yudi menuturkan, selama mengikuti kegiatan kunker, para anggota dewan pemeriksaan kesehatan baik di lokasi kegiatan atau di penginapan.

"Dilakukan pengecekan di hotel, masuk dan keluar, di lokasi kegiatan juga dicek. Di sana kan juga ada alat untuk mengecek suhu tubuh," katanya.

Di Jawa Barat, DPRD Kabupaten Madiun belajar peraturan daerah kawasan bebas asap rokok dan retribusi jasa umum di Kota Cirebon dan Majalengka. Seharusnya, kegiatan selanjutnya sesuai agenda, kunker di Surabaya pada 21 hingga 23 Maret 2020.

Sementara itu, Bupati Madiun, Ahmad Dawami ketika dimintai komentar terkait kunker pansus DPRD Kabupaten Madiun ke Jawa Barat, menangapi dengan datar.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved