Cegah Sebaran Corona, Lion Air Terapkan Jarak Aman Mulai Ruang Tunggu Hingga di Kursi Pesawat

Kini, guna mencegah penyebaran virus corona, Lion Air Group telah penerapkan sistem kebijakan jarak aman di dalam peswat.

Serambi Indonesia
Pesawat Lion Air 

Cegah Sebaran Corona, Lion Air Terapkan Jarak Aman Mulai Ruang Tunggu Hingga di Kursi Pesawat

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) menginformasikan perkembangan terkini mengenai kesungguhan dan upaya dalam mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).

Kini, guna mencegah penyebaran virus corona, Lion Air Group telah penerapkan sistem kebijakan jarak aman di dalam peswat.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Pilot Lion Air sempat Sesak Napas dan Batuk sebelum Meninggal, Punya Riwayat Terbang dari Malaysia

Semarakan Hari Perempuan Internasional, Lion Air Gelar Sharing & Expressing ke UPH Surabaya

Ada Renovasi di Bandara Juanda, Layanan Keberangkatan Lion Air & Wings Air Dipindah ke Terminal 1A

Penggali Kubur Takut Memakamkan Jenazah Pasien Covid-19 di Sidoarjo, Plt Bupati Turun Tangan

"Sebagai langkah preventif dan antisipasi pencegahan penyebaran dampak wabah corona virus covid-19 (Corona), Lion Air Group mengimplementasikan pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang (physical distancing) dalam operasional penerbangan," kata Danang, Kamis (26/3/2020) saat dikonfirmasi di Surabaya.

Dikatakannya, sistem pengaturan jarak untuk seluruh penumpang itu diimplementasikan dengan pengaturan nomor kursi saat penumpang melakukan pelaporan (check-in).

"Dan yang dimaksud saat penumpang melakukan pelaporan (check-in), berarti berlaku untuk penumpang yang melaksanakan check-in di meja pelaporan (check-in counter), web check in maupun fasilitas pelaporan mandiri (self-check-in) yang tersedia di bandar udara," tambahnya.

Selain itu, masih kata Danang, pengaturan jarak antar penumpang juga berlaku ketika berada di ruang tunggu (waiting room) dan pada saat proses masuk ke dalam kabin pesawat (boarding), baik yang menggunakan tangga belalai (garbarata) dan tangga biasa.

Pengaturan itu juga berlaku bagi penumpang yang berada didalam bus (neoplane) saat menuju ke pesawat dan turun dari pesawat.

Ia juga menjelaskan, dengan pengaturan nomor kursi saat check-in, maka terdapat jarak antar penumpang saat duduk didalam pesawat.

Awak kabin (flight attendant) dan petugas layanan darat (ground handling) akan membantu teknis pengaturan jarak antar penumpang ketika berada di kabin pesawat jika terdapat penumpang yang duduk berdekatan.

"Sementara untuk alasan keselamatan dan keseimbangan (weight balance) pesawat saat lepas landas dan mendarat, penumpang dapat dipindahkan sesuai instruksi petugas darat atau awak kabin," terangnya.

Penulis : Fikri Firmansyah

Editor : Sudarma Adi

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved