Virus Corona di Jawa Timur

Siasati Kelangkaan APD, Arumi Bachsin Dorong UMKM Ikut Berperan Produksi Face Shield dan Baju Hazmat

Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin dorong UMKM berperan atasi kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) lewat produksi face shiled dan baju hazmat.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
JejaringĀ konveksi binaan Dekranasda Jatim digerakkan untuk meningkatkan produksi baju hazmat coverall untuk menyiasati kelangkaan APD dan menjaga roda ekonomi UMKM tetap berjalan di tengah wabah Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin mendorong sektor UMKM untuk memproduksi Alat Pelindung Diri (APD).

Dalam situasi seperti ini, Dekranasda sebagai wadah UMKM bisa menjadi motor untuk mengajak masyarakat berperan dalam menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19.

“Sesuai arahan Gubernur Jatim agar ada upaya kolektif dan gotong royong dalam memproduksi APD. Dekranasda Jatim saya harapkan juga ikut menggerakkan ekonomi rakyat yang terpukul dampak Covid-19 salah satunya dengan memproduksi APD, ” ujar perempuan yang merupakan istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, Minggu (29/3/2020).

Maia Estianty Kini Kembali ke Pelukan Suami, Rindu Berat 2 Minggu Tak Bertemu: Makasih Darling

Ada Tipe Orang yang Tak Bisa Terinfeksi Virus Corona, Penelitian Baru Terkuak, Simak Cara Deteksinya

Salah satu APD yang bisa dikerjasamakan UMKM untuk memproduksi APD adalah face shield buatan ITS yang beberapa waktu lalu sempat ditinjau oleh Wagub Emil Dardak

Untuk meningkatkan produksi face shield, ini menurut Arumi masih dibutuhkan banyak relawan. Oleh sebab itu, UMKM juga bisa ambil bagian didalamnya.

"Yang luar biasa adalah salah satu juri dalam lomba design 3D printing yang diselenggarakan oleh Dekranasda Jatim adalah penggagas produk face shield ini," lanjutnya.

Siasat Licik Janda Aceh Ketahuan Buang Bayinya di Tong Sampah, Akting Lakukan Ini, Warga Jadi Curiga

UPDATE CORONA di Banyuwangi Senin 30 Maret, Satu Orang Positif Corona di Banyuwangi

Arumi menjelaskan produk face shield  diproduksi dengan teknologi 3D printing. Tentunya perlu kerjasama banyak pihak agar bisa diproduksi lebih banyak.

Untuk menyiasati kelangkaan APD, Arumi mengatakan Dekranasda Jatim bersama Pemprov Jatim fokus dalam memberikan dukungan inovasi baru terutama dalam produksi APD.

Kemudian, dalam rangka  menggerakkan ekonomi kerakyatan di tengah bencana Covid-19, jejaring konveksi binaan Dekranasda akan digerakkan untuk meningkatkan produksi baju hazmat coverall.

Aryn Williams Pulang ke Australia, Latihan Keras di Rumah: Fokus Kembali Latihan Bareng Persebaya

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved