Breaking News:

Virus Corona di Jatim

Pemprov Jatim Tegaskan Ruang Isolasi Jatim Masih Cukup Tampung Pasien Covid-19

etua Gugus Tugas Kuratif Penanganan Covid-19 Jatim Joni Wahyuhadi menegaskan bahwa kapasitas ruang isolasi maupun ruang observasi

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peninjauan ruang isolasi Covid-19 di RS Jiwa Menur, Selasa (17/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Gugus Tugas Kuratif Penanganan Covid-19 Jatim Joni Wahyuhadi menegaskan, kapasitas ruang isolasi maupun ruang observasi yang disediakan Pemprov Jawa Timur masih dalam kondisi cukup atau tidak dalam kondisi overload.

Pasalnya pemprov sudah banyak menyiapkan langkah untuk penambahan ruang isolasi maupun observasi untuk penanganan covid-19.

Ia menyebutkan contohnya di RSUD dr Soetomo Surabaya, di rumah sakit ini memiliki sebelas ruang isolasi. Dan yang terpakai saat ini ada delapan pasien positif Covid-19. Sehingga masih ada ruang isolasi yang belum digunakan.

“Kemarin memang sempat full. Tapi kan ada 3 kemarin yang pulang karena sudah dinyatakan sembuh. Jadi ada tiga kosong. Tapi rencananya ada satu lagi yang masuk, jadi sisa dua,” kata Joni, pada Surya, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya per kamar bisa diisi oleh dua orang pasien. Namun di dalam ruang isolasi tersebut jika diisi lebih dari satu harus dengan pasien yang statusnya sama. Misalnya positif dengan positif covid-19. Tidak boleh satu pasien positif satu pasien negatif. 

Ada 3,8 Juta Pekerja di Jatim yang Terdampak Virus Corona, Pemprov Ngaku Sudah Siap Antisipasi

OJK Merespons Permintaan Ketua DPD RI LaNyalla Buka Hotline Pengaduan Restrukturisasi Kredit

Kandang Singo Edan Jadi Karantina Pasien Corona, Kadispora : Itu Masih Sebatas Wacana

“Yang rencananya akan ditambah dari ibu gubernur di Soetomo juga insya allah besok bisa jadi. Sehingga kapasitasnya akan bertambah,” tegas Joni yang juga menjabat sebagai Dirut RSUD Dr Soetomo ini. 

Rencananya akan ditambah sebanyak 20 ruang isolasi di RSUD dr Soetomo. Akan tetapi masih harus menunggu alat ventilator. 

 Pasalnya saat ini pengadaan untuk alat ventilator untuk bantuan pernapasan bagi pasien covid-19 sudah cukup sulit di pasaran.

Namun Pemprov Jatim tengah berupaya untuk bisa melakukan pemenuhan kebuthan ventilator guna menambah ruang ruang isolasi baru. 

Tidak hanya itu disampaikan Joni bahwa Pemprov sudah menyediakan ruang isolasi tambahan di Rumah Sakit Jiwa Menur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved