Kejari Jember Musnahkan Ribuan Butir Okerbaya

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember memusnahkan barang bukti dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap, Kamis (16/4/2020).

sri wahyunik/surya
Pemusnahan barang bukti perkara yang berkekuatan hukum tetap di Kejari Jember, Kamis (16/4/2020) 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember memusnahkan barang bukti dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap, Kamis (16/4/2020).

Barang bukti yang dimusnahkan itu berasal dari 23 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

Ke-23 perkara itu terdiri dari perkara kejahatan yang melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, perkara kejahatan yang melanggar Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang tergolong dalam jenis tindak pidana terhadap orang dan harta benda, serta jenis tindak pidana terhadap keamanan negara dan ketertiban umum.

Sebagian besar barang bukti tersebut adalah obat keras berbahaya (Okerbaya), yang jumlahnya mencapai ribuan buktir. Juga ada barang lain seperti celurit, kertas rekapan togel, ATM, juga sekrup, korek api, struk bukti transfer, kertas tisu, ponsel, obeng, tas ransel, juga palu.

Kepala Kejari Jember Prima Idwan Mariza mengatakan meskipun di tengah pandemi Virus Corona, pihaknya tetap harus memusnahkan barang bukti tersebut.

UPDATE CORONA di Lamongan Jumat 17 April, Satu Lagi PDP di Lamongan Meninggal

Dampak Virus Corona, Ribuan Buruh di Gresik Terkena PHK, DPRD Meminta Perusahaan Tidak Melakukan PHK

Mitra Gojek Apresiasi Bantuan Sembako Dengan Voucher Belanja di Alfamart

"Karena sudah berkekuatan hukum tetap, serta kalau tidak dimusnahkan akan menumpuk," ujar Prima usai pemusnahan barang bukti di halaman Kantor Kejari Jember, Kamis (16/4/2020).

Pihaknya menerapkan protokol keamanan dalam proses pemusnahan tersebut, antara lain petugas memakai masker, ada pengaturan jarak fisik petugas, dan memakai sarung tangan. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved