Virus Corona di Kediri

Pegiat Si Jamal Kota Kediri Salurkan Bantuan Sembako ke Rumah Warga Difabel

Pegiat Sinergi Jaring Pengaman Sosial (Si Jamal) Kota Kediri dari pintu ke pintu membagikan bantuan kepada warga difabel terdampak pandemi Covid-19

(Surya/Didik Mashudi)
Pegiat Si Jamal membagikan bantuan paket sembako kepada warga difabel di Kota Kediri, Jumat (1/5/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pegiat Sinergi Jaring Pengaman Sosial (Si Jamal) Kota Kediri dari pintu ke pintu membagikan bantuan kepada warga difabel terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19, Jumat (1/5/2020).

Dari 787 paket bantuan sembako yang dibagikan, sebanyak 604 paket didistribusikan dari pintu ke pintu. Sisanya dibagi dengan mengundang warga difabel di Kantor Dinas Sosial Kota Kediri.

Ramadhan Ni’am dari Baitul Maal Hidayatullah( BMH) menjelaskan, untuk warga difabel yang tidak bisa datang ke Kantor Dinsos bantuan disalurkannya dari rumah ke rumah.

Pembagian dari rumah ke rumah ini dilakukan untuk memastikan semua difabel menerima bantuan tanpa harus kesulitan mengambil.

Para difabel ini memiliki peran beragam. Ada yang menjadi tulang punggung keluarga yang sangat terdampak dengan pandemi virus Corona atau Covid-19. Ada pula anak-anak dan remaja yang usaha orang tuanya terdampak pandemik.

Dwi Noviani (15), warga Kelurahan Pesantren merupakan salah satu penerima sembako dari Si Jamal merupakan difabel tuna grahita dan tuna wicara dengan kondisi ekonomi orang tua yang cukup bila kondisi normal.

Namun pada saat pandemi virus Corona atau Covid-19, usaha orang tuanya berkurang drastis karena toko orang tuanya sepi pembeli.

MotoGP 2020 Dimulai Akhir Juli? Ini Kata Bos Dorna Sports: Kami Sangat Menyesal

Pria Bonceng Petai Berakhir di Polres Blitar, Gegaranya Berbelit-belit Saat Ditanyai: Bikin Emosi

Nasib Tragis Pria Surabaya Seusai Sahur, Disabet Begal karena Dikira Melawan Saat Ponsel Dirampas

Sementara Lila Putri Kusuma (12), warga Kelurahan Pesantren penerima bantuan dari Si Jamal ayahnya pekerja swasta yang tidak tentu penghasilannya. Ketika ada pandemi virus Corona atau Covid-19, tidak ada pemasukan sama sekali.

Penerima Si Jamal ini kebanyakan dari keluarga ekonomi lemah yang terdata di Kantor Dinsos. Dalam keseharian mereka hidup pas-pasan.

Sebelumnya Si Jamal telah menyalurkan bantuan kepada tukang becak, juru parkir, wilayah yang mengisolasi diri karena salah satu warganya ada yang positif Covid-19.

Si Jamal merupakan hasil kolaborasi Pemkot Kediri dengan berbagai lembaga amal seperti Badan Amal Zakat Nasional, Rumah Zakat, Yatim Mandiri, BMH (Baitul Maal Hidayatullah), Nurul Hayat, LMI, Sahabat Mustahiq dan Al Haromah. Masing-masing badan amal bergerak untuk mendistribusikan di 46 kelurahan se Kota Kediri.(dim/Tribunjatim.com)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved