Virus Corona di Gresik

Gelar 'Desa Tanggap Covid-19' di Jrebeng, IKA ITS Ajak Warga Mandiri Beradaptasi Hadapi Pandemi

IKA ITS adakan acara mitigasi bencana wabah Corona di Desa Jrebeng, Kabupaten Gresik bertajuk Desa Tanggap Covid-19. Telah dibuka Sabtu (9/5/2020).

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pembukaan kegiatan mitigasi bencana wabah Corona di Desa Jrebeng, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Sabtu (9/5/2020).  

TRIBUNJATIM.COM - IKA ITS mengadakan acara pembukaan kegiatan mitigasi bencana wabah Corona ( Covid-19 ) di Desa Jrebeng, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Sabtu (9/5/2020).

Kegiatan bertajuk Desa Tanggap Covid-19 itu dilaksanakan di Kantor Desa Jrebeng ini mulai pukul 20.00 WIB, dengan dihadiri oleh Kepala Desa Jrebeng dan beberapa perangkatnya, Bidang Kebencanaan IKA ITS, dan beberapa orang perwakilan Komunitas Gresik Bergerak, yang secara total jumlahnya belasan orang saja dengan protokol tanggap Covid-19.

Desa Tanggap Covid-19 adalah sebuah edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiap-siagaan masyarakat desa/kelurahan sehingga memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana pandemi.

Istri Kedua Didi Kempot Yan Vellia Blak-blakan soal Pernikahan, Waktu Nikah hingga Pertemuan Pertama

Terkuak Teka-teki 2 Istri Didi Kempot, Fakta Pernikahan Yan Vellia & Rahasia Saputri Istri Setianya

Juga, kegiatan tersebut dibuat agar warga dapat memulihkan diri segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terkena.

Desa Tanggap Covid-19 akan mengandung aspek tata kelola; pengkajian risiko; peningkatan pengetahuan kebencanaan; manajemen risiko dan pengurangan kerentanan; dan aspek kesiapsiagaan serta tanggap bencana.

Kegiatan edukasi tersebut menggunakan metode pendampingan dan pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu sampai 2 minggu.

Bangkitkan Semangat UKM Ditengah Pandemi Covid-19, KoinWorks Bentuk Gerakan #LokalSupportLokal

Pria Beristri Kabur ke Kosan Pacarnya, Sang Ayah Lapor Satpol PP Kota Kediri Minta Tolong Gerebek

Kepada masyarakat Desa Jrebeng akan dibagikan buku saku yang berisi berbagai panduan pencegahan dan penanganan, misalnya tata cara karantina mandiri, memandikan dan menguburkan jenazah, sop tim evakuasi dll.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, IKA ITS berkolaborasi dengan komunitas Gresik Bergerak, dan masyarakat Desa Jrebeng, sesuai dengan tag line Pengurus Pusat IKA ITS periode sekarang yaitu Kolaboraksi.

Editor: Heftys Suud 

Editor: Hefty Suud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved