Teror Tawon Ndas Sengat Warga Tuban, Sarangnya Langsung Dibakar

Tawon ndas atau vespa affinis meneror warga Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur beberapa hari terakhir.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Petugas BPBD Kabupaten Tuban memusnahkan sarang lebah yang membahayakan warga Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Selasa (12/5/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Tawon ndas atau tawon vespa affinis meneror warga Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur beberapa hari terakhir.

Dua orang warga setempat tersengat hewan yang membahayakan tersebut, hingga akhirnya perangkat desa melaporkan kejadian itu ke petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

Petugas BPBD yang datang ke lokasi itupun langsung melakukan pemusnahan sarang lebah tersebut.

"Kita datang ke lokasi setelah dapat laporan sore, lalu kita basmi sarang lebahnya Selasa kemarin, malam. Ada dua warga yang sudah tersengat lebah," kata Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto kepada TribunJatim.com, Rabu (13/5/2020).

Dia menjelaskan, titik sarang lebah berada di kebun belakang rumah warga bernama Solikin.

Bocor Chat Syahrini & Ayah Angkat, Bahas Soal Boyfriend & Persiapan Konser, Tapi Sebagian Disensor

Katalog Promo Indomaret 13-19 Mei 2020 Terbaru, Beli 2 Gratis 1 hingga Diskon Belanja Super Hemat

PTPN XI Siapkan 75 Ton Gula Pasir Untuk Pasar Murah Jelang Idul Fitri di Jatim

Petugas dengan sigap langsung melakukan pembakaran sarang lebah berdiameter 50 centimeter, dengan api yang berasal dari tabung gas pada malam hari, dilanjutkan dengan pembasahan.

Hal itu dilakukan karena pada malam hari lebih efektif dan efisien dibandingkan siang, selain itu lebahnya cenderung kondusif.

"Selama ini kita evakuasi selalu malam, karena pertimbangan kondusifitas lebah di sarang, sehingga mudah untuk dibasmi," pungkasnya.(nok/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved