Angka Kasus Positif Covid-19 di Jatim Terus Bertambah, PMI Terjunkan Relawan untuk Lawan Corona

Meningkatnya angka kasus Covid-19 di wilayah Jawa Timur tengah menjadi sorotan beberapa waktu belakangan.

ISTIMEWA
Ilustrasi Donor Darah 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meningkatnya angka kasus Covid-19 di wilayah Jawa Timur tengah menjadi sorotan beberapa waktu belakangan.

Pemprov Jatim pun serius menangani pandemi virus Corona ini yang harus dibantu oleh dukungan banyak relawan.

Termasuk dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat akan mengerahkan sebagian relawan dan armadanya ke Jatim, guna mengantisipasi dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Donor Darah Menurun Imbas PSBB, PMI Kota Surabaya Ungkap Golongan Darah A dan AB Kosong

PMI Informasikan Covid-19 Tak Ditularkan Lewat Darah, Warga Kota Kediri Kembali Antusias Donor Darah

Langkah ini pun disambut baik oleh pemerintah provinsi, langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sekjen PMI Sudirman Said menjelaskan keterlibatan relawan PMI dalam membantu mengendalikan kasus terjangkitnya Covid-19 di Jawa Timur, tentu sudah menjadi kesepakatan antara Ketua Gugus Tugas Nasional Covid-19 Letjend Doni Monardo dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Langkah ini pun sudah menjadi tugas PMI untuk ikut menurunkan kasus Covid-19 yang kian mengkhawatirkan.

"PMI memperkuat operasi di Jawa Timur karena ada gejala, terutama Kota Surabaya dan sekitarnya menjadi episentrum baru. Ditambah sebagai organisasi kuasi pemerintah, tugas PMI adalah mendukung masyarakat dan membantu upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini," ucap Sudirman, dalam rilis ke TribunJatim.com.

Koordinasi dengan stakeholders lainnya juga menjadi hal utama dalam persiapan mengerahkan relawan. Persiapan bahkan sudah difokuskan sejak Ramadhan lalu.

"Kami persiapkan sejak sebelum libur Lebaran, seperti halnya berkoordinasi dengan PMI Jawa Timur, Pemerintah daerah Jawa Timur, Kodam V Brawijaya, Polda Jatim, serta para relawan sedang terus dilakukan," terangnya.

Sudirman menjelaskan koordinasi tersebut sangatlah penting dilakukan dan berharap berharap semua pihak mengambil kebijakan dan melakukan tindakan berbasis bukti dan sains.

Halaman
12
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved