RSKK Terima Mesin PCR dari Gugus Tugas Covid-19, Pemeriksaan Spesimen Jadi Lebih Cepat

Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK) telah memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Direktur Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK) Dr dr Ibnu Gunawan menerima bantuan mesin PCR dari GTPP Covid 19 pusat. 

TRIBUNKEDIRI.COM, KEDIRI - Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK) telah memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 pusat.

Dengan keberadaan mesin PCR bantuan pusat diharapkan dapat lebih mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri.
Direktur RSKK Dr dr Ibnu Gunawan menjelaskan, dengan mesin PCR penemuan kasus confirm Covid -19 bisa lebih cepat dan lebih massif.

Warga Kota Kediri Menerima Pembagian Sertifikat Tanah PTSL

Tingkat Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 Kota Kediri 33,33 Persen, Isolasi Efektif Cegah Penularan

Masuki Era New Normal, Kantor Imigrasi Kediri Kembali beroperasi dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Tidak ada lagi pasien yang harus dirawat lama di rumah sakit karena menunggu hasil swab yang lama. Sehingga diharapkan akan mempercepat upaya memutus rantai penularan Covid-19.

“Dengan adanya mesin PCR, kini pemeriksaan spesimen dapat dilakukan di Kabupaten Kediri, tidak perlu lagi dikirim ke Surabaya,” jelasnya, Selasa (16/6/2020).

Sekali running bisa sampai 90 sampel dengan waktu selama 2 jam. Kemudian mixing dan masuk ke alat PCR selama sekitar satu jam, hasil selesai sekitar 3 sampai 3,5 jam.

Ditambahkan, dengan mesin PCR dapat dilakukan pemeriksaan swab mandiri. Sehingga dapat mempercepat penentuan hasil pemeriksaan swab dan langkah pengobatan selanjutnya.

Kabupaten Kediri telah menerima mesin PCR bantuan dari GTPPCovid-19 pusat. Bantuan diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (15/6/2020).

Ada 10 daerah penerima bantuan mesin PCR yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jember, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Malang

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved