Tak Disangka, Karya Purnawirawan Bintara Tinggi TNI AU Ini Tembus Negara-negara di Eropa

Berawal dari sulitnya mencari atribut TNI AU di wilayah karesidenan Madiun, Tataning Subhaga (53) warga Maospati, berusaha memenuhi kebutuhan itu.

TRIBUNJATIM.COM/DONI PRASETYO
Tataning Subhaga (53) warga Kelurahan Mranggen, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan ini rela meninggalkan satuanya sebagai personil Avionik TNI AU Lanud Iswahjudi, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, untuk menekuni usaha atribut TNI/Polri, yang kini karyanya berhasil melalang buana ke berbagai negara. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, DONI PRASETYO

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Berawal dari sulitnya mencari atribut kepangkatan TNI AU di wilayah karesidenan Madiun, Tataning Subhaga (53) warga Maospati, Magetan berusaha dengan talenta yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan itu.

Tidak disangka lima tahun kemudian, karyanya menembus ke beberapa Negara Eropa.

"2009 saya mengajukan resign (mengundurkan diri) dari kesatuan Avionik TNI AU Lanud Iswahjudi, dan total menekuni bordir atribut kepangkatan dan lambang penerbangan, kemudian meluas ke pangkat disatuan lain dan souvenir," kata purna Pelda TNI AU Tataning Subhaga, dipabriknya Jalan Utomo, Kelurahan Mranggen, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan kepada TribunJatim.com, Sabtu (20/6).

Pria Surabaya Ini Hanya Diam saat Polisi Dobrak Rumahnya, Masih Teler ketika Digelandang Polisi

UPDATE CORONA di Situbondo Sabtu 20 Juni, Positif Covid-19 Tambah 6 Kasus

Bahkan sejak mengundurkan diri dari satuan Avionik TNI AU itu, usaha yang awalnya hanya bordir pangkat, lambang dan asesoris TNI, mulai merambah ke satuan lain seperti Brigadir Mobil (Brimob), bahkan ke dinas dinas seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) serta Industri Kereta Api Indonesia (INKA).

"Bordir pangkat, lambang kesatuan, souvenir penerbangan, jaket dan baju tactical sudah ekpor ke delapan negara Asia dan Eropa. Untuk kebutuhan dalam negeri terbanyak Jakarta," kata pria bertubuh atletis, meski sudah berumur lebih setengah abad ini.

Dikatakan Tataning, negara-negara yang memesan hasil kreatifitasnya yaitu Filipina ada tiga tempat, Malaysia, Qatar, India, Italia, Amerika, Inggris dan Belanda.

Bule Belgia Diam-diam Sembunyikan Sosis saat di Minimarket, Kabur Kepergok Pegawai, Lihat Endingnya

Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Bandar Kediri Gelar Senam Imun Bersama: Bisa Tambah Kekebalan Tubuh

"Alhamdulillah, saya diberikan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup, karena ditempat sebelumnya di bagian Avionik TNI AU hampir seluruhnya menggunakan bahasa inggris. Ternyata kemampuan ini sangat berguna untuk usaha diera global ini," ujarnya.

Pemasaran produknya, lanjut Tataning, hampir 70 persen lewat online.

Sedang untuk pemasaran offline hanya beberapa persennya saja, dan itu hanya melayani di sekitar wilayah Karesidenan Madiun.

Masuki Era New Normal, Baba Rafi Luncurkan Dapur Virtual: Biaya Lebih Terjangkau

PSBB Surabaya Raya Tak Perlu Diterapkan Lagi, IDI Jatim: Masyarakat Harus Patuh Protokol Kesehatan

"Memang berbisnis diera online ini butuh kiat kiat khusus, termasuk salah satunya membangun kepercayaan konsumen. Saya rela mengiriman produk yang diinginkan relasi tanpa Down Payment (DP) dan tanpa ongkos kirim, semua free. Kiat ini ternyata membuat relasi kami tertarik dan berkelanjutan," kata Tataning yang usahanya dimulai dari dua karyawan kini sudah lebih dari 20 karyawan dari warga sekitar.

Usaha Tataning yang awalnya hanya membordir pangkat dan lambang Kesatuan TNI AU/AD, kini merambah ke souvenir, beraneka topi dinas, bahkan jaket penerbang yang sebelumnya dipesan dari Amerika, kini sudah dibuat dipabrik miliknya.

Penggawa Garuda Muda, Ruy Ariyanto Optimis Timnas U-16 Bisa Bersaing di Piala Asia 2020

"Permintaaan apapun kami berusaha untuk memenuhi. Semua desain mulai dari bordir kepangkatan hingga souvenir berbagai jenis, jaket penerbang dan jaket bomber khas TNI AU, saya sendiri. Untuk kualitas bahan jaket bomber dan penerbang kami jamin. Harga memang tidak menipu," pungkas Tataning Subhaga.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Taufiqur Rohman
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved