Kasus Dana Desa di Jatim

BREAKING NEWS - Dana Desa Diduga Diselewengkan, Tokoh Desa Roomo Gresik Gelar Unjuk Rasa

Tokoh Desa Roomo, Kecamatan Manyar, unjuk rasa di balai Desa untuk meminta Kepala Desa transparan terkait pengelolaan dana desa.

TRIBUNJATIM.COM/SUGIYONO
DANA DESA - Perwakilan tokoh Desa Roomo Kecamatan Manyar Gresik unjuk rasa di Balai Desa untuk menuntut transparansi dana desa, Rabu (24/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Tokoh Desa Roomo, Kecamatan Manyar, unjuk rasa di balai Desa untuk meminta Kepala Desa transparan terkait pengelolaan dana desa.

Unjuk rasa tersebut disebabkan karena banyak anggaran desa yang diduga tidak bisa dipertanggungjawabkan, Rabu (24/6/2020) .

M Hidayat (65), warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik mengatakan, selama ini banyak permasalahan anggaran di Desa Roomo yang kurang transparan.

Sehingga, menimbulkan gejolak di masyarakat.

Pengusaha Muda Surabaya Bagikan 400 Paket Parcel Lebaran ke Warga Pra Sejahtera

Sosok Pria Viral di Lombok Nikahi 2 Wanita Sekaligus, Ada Perjuangan Kumpulkan Modal: Mahar Adil

Beberapa anggaran yang menjadi sorotan masyarakat yaitu dana BKM senilai Rp 50 Juta, tahun 2017 anggaran membuat sumur artesis sebesar Rp 100 Juta, pemasangan pipa air bersih sebesar Rp 190 Juta.

Selain itu, ada penyewaan tanah kas desa senilai Rp 50 Juta, diduga sejak tahun 2014 sampai 2019 untuk segera dimasukan ke kas desa. "Ada juga kerjasama antara pihak desa dengan PT Andhika Kita Makmur, yang ada fee berfariasi antara Rp 15 Juta," kata Hidayat.

Selama orasi, membuat masyarakat lain bergerombol di sekitar balai desa.

Beri Pendampingan selama Pilkada Malang 2020, Tim Hukum Sam HC-Gunadi Bekerja Sukarela

Luncurkan Aplikasi GIS Pantau Aktivitas Kepelabuhanan

Bahkan, petugas Polsek dan Satpol PP Manyar berjaga-jaga di sekitar balai desa agar massa tidak bentrok dengan warga yang pro Kepala Desa.

"Kita hanya menyampaikan aspirasi keresahan masyarakat. Agar Kepala Desa transparasi terhadap anggaran dana desa," imbuhnya.

Unjuk rasa tersebut akhirnya dapat dibubarkan anggota Polsek Manyar, sehingga tidak sampai terjadi bentrok antar masyarakat.

LTMPT Umumkan Aturan & Jadwal Baru Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020, Ada 2 Sesi dalam Sehari

Ketua DPC PKB Kota Blitar : Keputusan Mengusung Henry-Yasin di Pilwali 2020 Sesuai Petunjuk DPP

Sedangkan BPD Roomo, Kecamatan Manyar Nur Hasyim mengatakan, perkara dugaan penyalahgunaan anggaran ini sudah dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Gresik.

Namun, tidak sampai diselesaikan.

"Saya akan laporkan masalah ini ke Kejaksaan Tinggi Jatim dan ke Polda Jatim," kata Nur Hasyim.

Sementara, Kepala Desa Roomo, Rusdiyanto tidak ada di kantor Balai Desa. Ketika dikonfirmasi dari telpon selulernya juga tidak diangkat.

Penulis: Sugiyono
Editor: Taufiqur Rohman
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved