Virus Corona di Jawa Timur

Pasien Terus Bertambah, RSUD dr Soetomo Surabaya Tambah Lagi Ruang Perawatan Pasien Covid-19

Lantaran overload, bed penanganan Covid-19 di RSUD dr Soetomo akan ditambah hingga kapasitas totalnya jadi 200 bed ruang intensive care dan high care.

SURYA/SULVI SOFIANA
ILUSTRASI - Suasana ruang isolasi khusus (RIK) RSUD Dr Soetomo Surabaya, Senin (27/1/2020) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Akibat bertambahnya pasien virus Corona ( Covid-19 ) yang dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya, rumah sakit rujukan utama penanganan Covid-19 di Jawa Timur itu kini menambah bed perawatan pasien Covid-19.

Hal itu seperti yang dijelaskan Direktur RSUD dr Soetomo Surababya, Joni Wahyuhadi.

Lantaran overload, kapasitas bed penanganan Covid-19 di RSUD dr Soetomo akan ditambah hingga kapasitas totalnya menjadi 200 bed ruang intensive care dan high care bertekanan negatif.

Hal ini lantaran per Rabu (24/6/2020), jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Dr Soetomo sudah mencapai 239 orang.

Pasien tersebut terdiri dari pasien yang ada di intensive care, high care dan low care. Dan sejak bulan Maret lalu, total pasien Covid-19 yang dirawat di sana mencapai 977 pasien.

Tidak hanya itu, agar menghindari overload, RSUD dr Soetomo juga akan segera memindahkan pasien berkondisi sedang dan ringan ke Rumah Sakit Lapangan di Jalan Indrapura dan tak akan lagi menerima pasien Covid-19 kecuali berkondisi berat.

Transisi New Normal, Pasar Wonokromo Surabaya Dibidik Susul Dua Pilot Project Pasar Tangguh

"Hari-hari ini Rumah Sakit Soetomo sedang berbenah. Berbenahnya untuk apa, ya sebenarnya untuk menata agar lebih baik lagi pelayanannya," kata Joni Wahyuhadi, Rabu (24/6/2020).

"Apa yang kita lakukan untuk membenahi UGD, membenahi alur dan ruang perawatan. Ruang perawatan kita siapkan untuk perawatan khusus semua bertekanan negatif dari range 1 sampai 5," imbuhnya.

Dikatakan Joni Wahyuhadi, dalam dua hingga tiga minggu ke depan pembenahan ruang perawatan ini akan selesai. Sehingga total ruang perawatan Covid-19 seluruhnya untuk high care dan intersive care akan berjumlah 200 bed.

SMK Dr Soetomo Surabaya Hapus Biaya SPP Satu Semester, Ringankan Beban Wali Murid Imbas Pandemi

110 Perawat di Jawa Timur Terpapar Covid-19, 30 Orang Sedang dalam Perawatan Medis

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved