Breaking News:

BMKG Karangkates Malang: Jatim Diguncang Gempa Bumi 39 Kali Selama Juni 2020

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang menyatakan Jawa Timur diguncang gempa bumi

ISTIMEWA/TRIBUNEWS.COM
Gempa Bumi di Bangkalan pada Kamis (6/2/2020) dinihari (BMKG) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang menyatakan Jawa Timur diguncang gempa bumi sebanyak 39 kali selama bulan Juni 2020.

“Dari total gempa bumi yang terjadi, 36 kejadian adalah gempa laut dan sisanya di darat,” ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates, Musripan, Kamis (2/7/2020).

Musripan menjelaskan gempa bumi di laut itu adalah aktivitas zona subduksi karena pertemuan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Sementara gempa di darat terjadi lantaran adanya patahan lokal dengan kedalaman sumber yang dangkal.

“Sebagian besar gempa bumi di laut terjadi lepas pantai selatan Jawa Timur. Gempa darat yaitu di Sampang dan Bojonegoro,” katanya kepada TribunJatim.com.

Musripan menyebut gempa bumi bermagnitudo kurang dari 3 skala richter (SR) terjadi sebanyak delapan kali. Gempa bumi 3 sampai 4 SR terjadi sebanyak 26 kali, dan gempa bumi 4 SR keatas terjadi lima kali.

“Dari gempa tersebut ada yang bisa dirasakan yakni sebanyak satu,” kata Musripan kepada TribunJatim.com.

Begini Respon Abu Rizal Maulana Perihal Keputusan Persebaya yang Tidak Sejutu Liga 1 Dilanjutkan

Mau Pulang ke Rumah, Mobil Ertiga Dihantam KA di Lamongan dan Terseret 15 Meter, Balita Tewas di TKP

VIRAL Gadis ABG Dihajar di Lapangan, Sampai Bersujud, Berawal dari Perang di WA, Polisi Bertindak

Data BMKG Karangkates mengatakan tanggal 18 Juni 2020 menjadi hari dengan intensitas gempa bumi paling banyak yakni empat kejadian. Sementara gempa bumi dengan magnitudo paling besar yakni 5 SR terjadi pada 21 Juni 2020 pukul 02.33 WIB pada posisi 09.11 LS–110.85 BT dengan kedalaman 63 km di Barat Daya Pacitan, Jatim.

Sejumlah daerah di Jawa Timur maupun Jawa Tengah dilaporkan merasakan gempa bumi tersebut. Seperti Pacitan, Tulungagung, Karangkates, Jogyakarta, Bantul, Sleman, Maguwoharjo dan Wonogiri III MMI. Kemudian di Nganjuk, Trenggalek, Ponorogo, Purworejo, Banjarnegara, Klaten, Sukoharjo dan Purwokerto II MMI.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved