Pilkada Gresik 2020

Peran Penting Sosial Media di Mata Gus Yani

Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani merupakan politisi PKB di kabupaten Gresik yang masih berusia muda yakni 35 tahun.

SURYA/WILLY ABRAHAM
Gus Yani (berdiri) saat menemui sejumlah relawan perempuan penggerak perubahan di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jumat (26/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani merupakan politisi PKB di kabupaten Gresik yang masih berusia muda yakni 35 tahun.

Pria yang juga Ketua DPRD Gresik ini ikut maju sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020.

Pria kelahiran Gresik 28 Juni 1985 ini mengaku mewakili generasi muda dan generasi milenial. Gus Yani sadar betul kelompok pemilih pemula atau generasi milenial melek media sosial terutama instagram dan facebook.

Tidak hanya itu, para tokoh agama dan warga Gresik ikut andil membentuk perubahan. Sesuai dengan jargon yang diusungnya Perubahan dan Gresik Baru.

Di Gresik Ratusan Emak-emak Deklarasi Dukung Gus Yani -Ning Min, Dihadiri Petinggi Partai

Alasan Zaskia Gotik Luluh Pada Sirajuddin, Momen Dinner Tak Terlupakan, Zaskia: Dia Itu Gak Romantis

Positif Covid-19, Wanita Asal Ponorogo ini Nekat Pulang Kampung dari Surabaya Naik Bus

Dia menyebut kelompok muda atau pemilih pemula lebih dikenal kaum milenial itu prosentasenya hampir 35 persen lebih. Selama konstestasi pilkada, kelompok pemilih ini partisipasinya rendah terhadap politik karena mereka apatis.

"Tetapi mereka melek IT dan dunia mereka adalah gadget. Mereka cukup intens di dunia maya. Makanya media sosial menjadi alternatif paling efektif untuk bisa berinteraksi dengan mereka. Apalagi sejak ada pandemi virus Corona atau Covid-19. Semua dihimbau untuk stay at home. Disinilah peluang untuk terkoneksi dengan mereka itu besar karena selama imbauan itu mereka mengalihkan seluruh rutinitas sehari-harinya ke jejaring medsos," papar pria menantu pengasuh pondok pesantren Bumi Shalawat, KH. Ali Mashuri atau Gus Ali.

Di platform media sosial, akun facebook memiliki ribuan pengikut. Bahkan akun instagram pribadinya Fandi Akhmad Yani memiliki 1.600 followers.

Selain itu banyak akun dari para relawan di instagram maupun facebook seperti Relawan Gus Yani, Gus Yani Channel, Sahabat Gus Yani bahkan Milenial Perubahan.

Gus Yani menyadari bahwa saat ini era sudah berubah. Ada pergeseran aktifitas sosial budaya masyarakat dari dunia nyata ke digital. Maka cyber menjadi prioritas utama karena dunia digital adalah preferensi para milenial.

"Tentu kita memaksimalkan cyber. Sejak awal tim yang kita bentuk dari kalangan profesional di bidang IT. Namun tidak sedikit yang tumbuh sendiri dari para relawan. Nah potensi inilah yang kemudian kita akomodir keseluruhan dan kita sinkronisasikan mereka yang dari IT profesional dengan relawan ke dalam satu manajemen. Supaya tetap terhubung dan terprogram secara baik sesuai dengan SOP Gresik Baru," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved