Breaking News:

Aktivis Ecoton Gelar Poster Protes Pencemaran Mikroplastik Air Sungai Brantas Kediri

Aktivis lembaga kajian Ekologi dan konservasi lahan basah ( Ecoton ) menggelar aksi memprotes pencemaran mikroplastik air Sungai Brantas Kediri.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Aktivis Ecoton saat menggelar aksi memprotes pencemaran mikroplastik air Sungai Brantas, Kota Kediri, Minggu (12/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Aktivis lembaga kajian Ekologi dan konservasi lahan basah ( Ecoton ) menggelar aksi memprotes pencemaran mikroplastik air Sungai Brantas.

Protes dilakukan dengan menggelar poster di Sungai Brantas Kota Kediri, Minggu (12/7/2020).

Sejumlah poster yang digelar di antaranya bertuliskan, "Kali Brantas Tercemar Mikroplastik," "72 Persen Iwak Kali Brantas Nguntal Plastik," "Stop Tas Kresek Botol Plastik Styrofoam," "Tolak Plastik Sekali Pakai Biang Polusi Mikroplastik Kali Brantas."

Selama dua hari, pegiat Ecoton telah melakukan penelitian dan pengambilan sampel air Sungai Brantas yang ada di wilayah Papar, Kabupaten Kediri dan Kota Kediri.

Dari hasil penelitian menyebutkan, Sungai Brantas di wilayah Kediri, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya telah tercemar mikroplastik yang bersumber dari sampah plastik dan limbah industri.

Saat menggelar aksi, Sofi Azilan Aini tak henti-hentinya berteriak menolak pemakaian tas kresek.

Tertibkan Jam Malam, Satpol PP Kota Kediri Temukan Botol Bekas Miras, KTP Pengelola Warung Diamankan

Kota Blitar Zona Kuning Covid-19, Siswa Tetap Belajar Online dari Rumah di Tahun Ajaran 2020/2021

"Tolak, tolak tas kresek, tolak tak kresek sekarang juga, bebaskan Brantas dari mikroplastik," ungkapnya.

Mahasiswi salah satu kampus di Surabaya ini mengajak warga di sepanjang aliran Sungai Brantas untuk mengurangi pemakaian tas kresek, sedotan, styrofoam, sachet, botol plastik air minum dalam kemasan, dan popok bayi.

Sementara Thara Bening Sandrina, peserta lainnya berupaya mendorong Pemprov Jawa Timur, pemerintah kota atau pemerintah kabupaten di wilayah aliran Sungai Brantas memberlakukan larangan plastik sekali pakai.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved