Breaking News:

Pilkada Blitar

Pilwali Blitar, Hasil Rekapitulasi Tahap I, 3 Calon Independen Tak Penuhi Syarat Minimal Dukungan

KPU Kota Blitar gelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual data dukungan tiga bakal pasangan calon perseorangan di Pilwali Blitar 2020.

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Suasana rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual data dukungan calon perseorangan di Pilwali Blitar 2020, Senin (20/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - KPU Kota Blitar menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual data dukungan dari tiga bakal pasangan calon perseorangan atau independen di Pilwali Blitar 2020, Senin (20/7/2020).

Hasil rekapitulasi tahap pertama di tingkat KPU Kota Blitar, ketiga bakal pasangan calon perseorangan tidak memenuhi syarat minimal dukungan yang ditetapkan KPU sebanyak 11.355 dukungan untuk bisa maju di Pilwali Blitar 2020.

Berdasarkan rekapitulasi, ketiga bakal pasangan calon perseorangan, masing-masing Sumari-Edi Widodo mengumpulkan 1.987 dukungan, Purnawan Buchori-Indri Kuswati mengumpulkan 5.883 dukungan, dan Lisminingsih-Teteng Rukmocondrono mengumpulkan 5.469 dukungan.

"Tapi, hari ini, kami belum bisa menentukan mereka bisa mendaftar di Pilwali Blitar apa tidak, karena masih ada proses perbaikan untuk memenuhi syarat minimal dukungan. Kalau mengacu angka dari hasil rekapitulasi tahap awal ini, ketiganya tidak memenuhi syarat minimal dukungan maju di Pilwali Blitar 2020," kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam.

Umam mengatakan, proses perbaikan data dukungan calon perseorangan dilakukan setelah pengumuman hasil rekapitulasi di tingkat KPU pada 22 Juli 2020.

Ikut Pantau Kesiapan Tahapan Pilkada di Daerah, Komisi A DPRD Jawa Timur Kunjungi KPU Kota Blitar

Petugas Kembali Gelar Razia Masker di Kota Blitar, Pelanggar Disuruh Bersih-bersih Alun-alun

Proses perbaikan dilakukan seperti awal, yaitu, calon perseorangan mengumpulkan data dukungan, verifikasi administrasi, dan verifikasi faktual.

"Hanya saja, di proses perbaikan, data dukungan yang dikumpulkan calon perseorangan harus dua kali lipat dari jumlah kekurangan syarat minimal dukungan. Kalau kurangnya 5.000 dukungan berarti yang dikumpulkan harus 10.000 dukungan, dua kali lipatnya," ujarnya.

Dikatakannya, waktu perbaikan data dukungan calon perseorangan lebih singkat dibandingkan tahap pertama.

Waktu pengumpulan data dukungan perbaikan hanya lima sampai delapan hari.

Pilwali Blitar 2020 Mundur, KPU Kota Blitar Dapat Tambahan 543 Data Pemilih Pemula

UPDATE CORONA di Kota Blitar Jumat 17 Juli 2020, Tambah Lima Kasus Positif Baru, Termasuk Satu ASN

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved