Breaking News:

Warga Banjarrejo di Magetan Aspal Jalan Secara Sukarela, Tak Digaji Demi Akses Pendidikan Anak

Warga Desa Banjarrejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan secara sukarela membangun jalan aspal desanya.

TRIBUNJATIM.COM/DONI PRASETYO
Karya Bhakti TNI - Warga Desa Banjarrejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan suka cita, bergotong royong membangun jalan aspal desanya, meski tanpa diberikan upah. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Doni Prasetyo

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Warga Desa Banjarrejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan secara sukarela membangun jalan aspal desanya, yang merupakan satu-satunya akses ke lokasi pendidikan dan desa sekitar.

Bergotong royong bersama personil TNI dan Pemerintah Kabupaten Magetan, para warga ikhlas bekerja tanpa menerima upah.

"Dari 385 desa di Kabupaten Magetan, baru dua desa yaitu Desa Banjarrejo, Kecamatan Ngariboyo, dan Desa Sumursongo, Kecamatan Karas yang mendapat program jalan aspal desa ini," kata Jumiran, Kepala Desa Banjarrejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan kepada TribunJatim.com, Senin (20/7).

Pencairan Gaji ke-13 untuk PNS di Sampang Masih Belum Jelas, Pemkab: Tunggu Dasar Aturan dari Pusat

Presiden Persebaya akan Blak-blakan Untung Rugi Liga 1 2020 Dilanjutkan saat Pandemi, Tonton di Sini

Dikatakan Jumiran, program jalan aspal desa yang diajukan melalui Kodim 0804 Magetan ini, merupakan hasil kerjasama TNI dan Pemkab Magetan sebagai Karya Bhakti TNI untuk fasilitas jalan warga didaerah produktif tapi minus.

"Program Karya Bhakti TNI pendanaan dari Pemkab lewat Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPU-PR) sebesar Rp 100 juta,"kata Kades Jumiran.

Diungkapkan Jumiran, dana sebesar Rp 100 juta dari DPU-PR itu bisa untuk pembangunan jalan aspal mulai dari jalan tanah sampai pengaspalan sepanjang 650 meter dengan lebar empat meter.

"Ini pekerjanya warga desa disini, mereka rela demi keluarga dan anak anaknya tanpa bayaran. Karena dulu untuk sekolah lewat jalan ini amat sulit, apalagi waktu musim penghujan," kata Jumiran.

Kreatif, Pasangan Ibu dan Anak Ini Sulap Sampah Botol Plastik Jadi Gaun Cleopatra

Tragedi Lamaran Berujung Petaka, 20 Tamu Kena Corona, 1 Pasien Boyolali Datang, Tak Patuhi Protokol

Ia berharap dengan diaspalnya jalan desa ini, selain kondisi ekonomi warga membaik, karena akses terbuka dengan tetangga desa dan kearah kota.

Anak-anak sekolah tidak lagi harus memutar bila musim penghujan.

"Alhamdulillah, kita diberikan lebih dulu perbaikkan jalan aspal desa di program Karya Bhakti TNI. Sehingga di musim penghujan mendatang warga tambah mudah berhubungan dengan warga luar desa, sehingga tingkat ekonomi bisa tumbuh," ujar Jumiran.

Update Harga Sepeda Anak Murah Terbaru Bawah Rp 1 Juta, dari Merek United, Element, hingga Polygon

VIRAL Bayi Laki-laki Hidup Ditemukan di Pinggir Jalan Kawasan Gubeng, Polisi Pastikan Hoax: Gak Ada

Selain mendapat sokongan dari personil TNI dan DPU-PR, pelaksanaan proyek jalan aspal Karya Bhakti TNI ini, juga terbantu dengan adanya alat berat berupa wales, dan kompor LPJ untuk mencairkan aspal, sehingga pelaksanaan proyek jalan aspal ini bisa berlangsung lebih cepat.

"Diperkirakan akhir bulan ini sudah bisa dilalui. Karena selain ada bantuan tenaga dari TNI dan DPU-PR, juga alat berat berupa mobil tumbuk dan kompor wos LPJ, kalau tidak ada alat ini, pasti lama," tandas Kades Banjarrejo Jumiran.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Taufiqur Rohman
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved