Breaking News:

Pentingnya Asupan Nutrisi untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Anak saat Pandemi Covid-19

Selain menjaga kebersihan, dan pembatasan sosial, asupan nutrisi merupakan faktor penting dalam menjaga kekebalan tubuh selama masa pandemi Covid-19.

Editor: Dwi Prastika
Shutterstock by narikan
Pentingnya asupan nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuh anak saat pandemi Covid-19 

TRIBUNJATIM.COM - Merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19 di berbagai belahan dunia, menyebabkan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan, salah satunya pada anak-anak.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), per 18 Mei 2020 terdapat 3.324 anak yang berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP), 129 anak berstatus PDP meninggal, 584 anak terkonfirmasi positif Covid-19, dan sebanyak 14 anak yang terkonfirmasi Covid-19 meninggal.

Covid-19

Covid-19 merupakan infeksi pernapasan akut yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Penyakit ini merupakan menyebabkan risiko kematian yang lebih tinggi pada orang dengan usia ≥ 60 tahun, dan orang dengan penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, diabetes, dan kanker.

Penularan virus Covid-19 memiliki dua jalur utama, yaitu pernapasan dan kontak. Percikan cairan dari saluran pernapasan (droplet) dapat menginfeksi orang yang sehat ketika penderita Covid-19 batuk atau bersin. Selain itu baru-baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan tidak menutup kemungkinan bahwa Covid-19 merupakan airborne disease atau penyakit yang dapat menular melalui udara terutama di ruangan tertutup.

Risiko Covid-19 tentu semakin tinggi, mengingat kini bisa menular hanya melalui udara saja. Ditambah, saat ini kita sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru yang memungkinkan Anda dan anak telah melakukan kegiatan di luar rumah.

Vitamin yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Selain menjaga kebersihan, dan pembatasan sosial, asupan nutrisi merupakan faktor penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Ya, jika nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik, akan membuat kekebalan tubuh anak menurun dan rentan terhadap berbagai penyakit termasuk Covid-19. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk memerhatikan asupan nutrisi anak-anak agar kesehatan anak tetap terjaga.

Namun apa saja vitamin harian yang perlu dipenuhi untuk menjaga kekebalan tubuh anak? Simak pada ulasan berikut ini.

Vitamin A

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved