Breaking News:

Fakta 2 Pegawai Puskesmas di Blitar Kena Covid-19, Habis Tolong Pasien, Diisolasi & Puskesmas Tutup

Ini peringatan buat para petugas medis, khususnya saat menangani orang sakit, supaya lebih waspada.

TRIBUNJATIM.COM/IMAM TAUFIQ
Pengumuman penutupan pelayanan sementara 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Ini peringatan buat para petugas medis, khususnya saat menangani orang sakit, supaya lebih waspada.

Sebab, siapa tahu, orang yang baru ditangani itu, ternyata tak hanya menderita penyakit bawaan, melainkan juga sudah terpapar atau malah sudah positif Covid-19.

Seperti yang dialami dua pegawai Puskemas Wlingi di Kabupaten Blitar ini.

Update Corona di Kota Blitar, 11 Pasien Positif Dinyatakan Sembuh

Wabup Blitar Minta Camat hingga Kades Turun Aktif Atasi Covid-19, Semangati Pasien Cepat Sembuh

Tak Ikut Tahap Perbaikan Dukungan, Satu Calon Perseorangan Pilwali Blitar 2020 Gugur di Penjaringan

Hasil test swab pada Senin (27/7) kemarin, mereka diinformasikan positif sehingga langsung diisolasi.

Kabarnya, kedua pegawai wanita itu jalani isolasi mandiri atau di rumahnya masing-masing. Informasinya, mereka sampai terkena itu karena habis menolong pasien.

"Ceritanya, sekitar 10 hari lalu, enam pegawai puskesmas itu dimintai tolong oleh seseorang. Mereka disuruh menjemput pasien, ke rumahnya. Katanya, si pasien (yang berusia 51 tahun) itu mengalami demam dan panas yang cukup tinggi," tutur Cristine Indrawati, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, Selasa (28/7).

Namanya dimintai tolong oleh seseorang yang dikenalnya, tanpa pikir panjang, keenam pegawai itu meluncur ke rumah si pasien tersebut.

Setelah si pasien diperiksa di rumahnya, ditengarai bukan hanya terkena penyakit bawaannya melainkan ada indikasi terpapar.

Akhirnya, oleh enam pegawai puskemas itu, si pasien dibawa ke RSUD Ngudi Waluya, Wlingi. Dan, hasil medisnya, si pasien itu terkena Covid-19.

"Karena keenam petugas kami itu bersentuhan dengan si pasien tersebut, akhirnya kami lakukan swab pada keenamnya. Dan, hasilnya, dua dari enam petugas itu, terkena sehingga mulai Senin (/27/7) siang kemarin atau pukul 12.00 WIB, keduanya langsung diisolasi," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Imam Taufiq
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved