Breaking News:

Unesa dan ITS Surabaya Gunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri, Catat Tanggalnya!

Unesa dan ITS Surabaya menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) untuk seleksi jalur mandiri.

Surya.co.id
Suasana pintu masuk di ITS Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sulvi Sofiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) dan Institut Teknologi 10 Nopember ( ITS ) Surabaya menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) untuk seleksi jalur mandiri.

jalur mandiri menjadi peluang terakhir untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seusai jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) diumumkan.

Di Unesa terdapat dua model jalur mandiri dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2020. Yakni jalur mandiri Reguler, yang mana calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) atau mengikuti Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer ( TMUBK ). Sedangkan jalur mandiri lainnya yaitu dengan menggunakan prestasi.

Di jalur ini, Unesa menyediakan 30 persen dari total daya tampung 6.800 calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri mulai tanggal 9 Juli 2020 hingga sepuluh hari setelah pengumuman SBMPTN 2020.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Bambang Yulianto menjelaskan, tak banyak yang berbeda dalam SPMB Unesa untuk jalur mandiri.

Hanya saja, jika tahun sebelumnya tidak menggunakan nilai UTBK, tahun ini pendaftar bisa memilih menggunakan nilai UTBK atau mengikuti TMUBK secara online dengan materi Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA).

"Jadi memang untuk nilai UTBK ini hanya bisa dipakai untuk lulusan tahun 2019 dan 2020. Tanpa tes. Tapi mereka juga bisa memilih ikut TMUBK dari Unesa secara online," ujar Warek 1 Unesa ini.

Gagal di SBMPTN, Masih Ada Harapan Lewat KIP Kuliah Seleksi Mandiri ke PTS, Berikut Cara Daftarnya

Sementara untuk jalur mandiri prestasi, ini hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di provinsi, nasional hingga internasional.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved