Breaking News:

Data Penerima Bantuan BLT Rp 15 Juta dari Kemensos di Sampang Sudah Ada 9 Orang Terverifikasi

Sejumlah data korban meninggal akibat Covid-19 yang akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial di Sampang.

TribunMadura.com/Hanggara Pratama
Kepala Bidang (Kabid) Bansos dan Parlinsos Dinsos Sampang, Erwin. 

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Sejumlah data korban meninggal akibat Covid-19 yang akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia di wilayah Kabupaten Sampang, Madura mulai diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktorat perlindungan sosial dan bencana sosial, Kemensos RI Nomor: 427/3.2/BS.0102/06/2020, tentang penanganan perlindungan bagi korban meninggal akibat wabah Covid-19, korban bencana Covid-19 akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 15 juta per orang.

Namun, korban Covid-19 yang akan mendapatkan bantuan tersebut harus tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) terlebih dahulu untuk diajukan ke Pemprov Jatim lalu, diserahkan ke pemerintah pusat.

Potret Nella Kharisma yang Dirias Pengantin Viral, Benar Dinikahi Dory Harsa? Manajer Buka Suara

Rizky Billar Mendadak Ragu Nikahi Lesty Kejora, Ungkit Bukti Kegenitan, Soimah: Kembalikan ke Hati

"Korban Covid-19 di Sampang ada 13 orang, data itu dari Dinkes Sampang dan RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang," kata Kepala Bidang (Kabid) Bansos dan Parlinsos Dinsos Sampang, Erwin, Selasa (8/9/2020).

Namun, kata Erwin dari belasan korban Covid-19 tersebut saat ini yang sudah diverifikasi dan datanya sudah lengkap ada sembilan korban.

"Jadi yang diajukan ke pemerintah Provinsi untuk mendapatkan bantuan ada sembilan orang, sedangkan sisanya datanya masih belum lengkap," terangnya.

Pernah Ada Curhat Krisdayanti ke Ashanty, Hal Pribadi Terkuak, Nasehat Ashanty: Hidup Cuma Sebentar

Dijelaskan, untuk syarat menerima BLT dari Kemensos, para ahli waris harus menyediakan surat kematian asli, surat pernyataan dari Dinkes setempat serta Puskesmas menyatakan meninggal karena Covid-19.

Selain itu, menyertakan, Kartu Keluarga (KK), kartu penduduk ahli waris, dan nomor rekening ahli waris, serta surat domisili dari kelurahan atau pemdes setempat.

"Untuk melengkapi syarat itu harus dilakukan oleh ahli waris sendiri," ucap Erwin.

Lesty Kejora Lebih Agresif di Depan Publik, Soimah Sebut Rizky Billar Basa-basi: Enggak Enak Gitu!

Terpisah, Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sampang, Moh. Iqbal Fathoni menanggapi agar bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak ada pemotongan terkait jumlah Rp. 15 juta kepada para ahli waris.

"Bantuan Ini murni untuk korban dampak pandemi Covid-19, bukan bantuan seperti bisa jadi, saya harapkan tidak ada pemotongan di dalamnya," singkatnya.

Penulis: Hanggara Pratama

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Hanggara Syahputra
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved