Breaking News:

Pilkada Kota Blitar

Pertarungan di Pilwali Blitar 2020, Pengamat: Mesin Partai di Akar Rumput Jadi Penentu Kemenangan

Henry dan Santoso yang sempat berpasangan saat daftar penjaringan bacawali-bacawawali di DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, kini saling berhadap-hadapan.

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Pengamat Sosial dan Politik sekaligus Dekan FISIP Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Hery Basuki, Selasa (8/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pertarungan memperebutkan posisi wali kota dan wakil wali kota di Pilwali Blitar 2020 bakal seru setelah hanya ada dua pasangan calon, yaitu, Santoso-Tjutjuk Sunario dan Henry Pradipta Anwar - Yasin Hermanto yang mendaftar di KPU Kota Blitar.

Mesin partai politik di tingkat akar rumput menjadi penentu memenangkan pertarungan di pesta demokrasi lima tahunan ini. Apalagi, Santoso dan Henry memiliki latar belakang sama, yaitu, kader PDI Perjuangan.

Meskipun Santoso bukan kader murni PDI Perjuangan karena berangkat dari birokrasi yang kemudian terjun ke dunia politik menjadi Wakil Wali Kota Blitar mendampingi Samanhudi Anwar, yang tak lain ayah Henry Pradipta Anwar pada periode 2016-2021.

Henry juga pernah menjabat anggota DPRD Kota Blitar dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2014-2019. Henry dan Santoso juga pernah berpasangan mendaftar di penjaringan bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota di DPC PDI Perjuangan Kota Blitar.

Mereka mendaftar satu paket dengan posisi Henry sebagai bakal calon wali kota dan Santoso sebagai bakal calon wakil wali kota di DPC PDI Perjuangan Kota Blitar.

Di tengah jalan, Henry dan Santoso pecah.

Henry tidak mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk maju di Pilwali Blitar. Sebaliknya, rekomendasi DPP PDI Perjuangan diberikan kepada Santoso.

Operasi Tumpas Narkoba 2020, Polres Blitar Kota Tangkap 12 Tersangka, Ada Jaringan Pengedar di Lapas

Tapi, Henry akhirnya mendapat rekomendasi dari DPP PKB untuk maju di Pilkada Kota Blitar 2020. PKB berkoalisi dengan Partai Golkar dan PKS mengusung Henry-Yasin di Pilkada Kota Blitar.

Sedang PDI Perjuangan berkoalisi dengan Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Hanura mengusung Santoso-Tjutjuk.

Halaman
123
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved