Breaking News:

Khofifah Sambangi Masyarakat Senduro, Desa Jatim yang Jadi Percontohan Kerukunan Antarumat Beragama

Khofifah Indar Parawansa menyambangi masyarakat Desa Senduro Lumajang setelah dua bulan lalu mendapatkan penghargaan dari Kanwil Kemenag.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyambangi masyarakat Desa Senduro di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9/2020) siang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyambangi masyarakat Desa Senduro di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9/2020) siang.

Khofifah Indar Parawansa menyambangi masyarakat Desa Senduro setelah dua bulan lalu mendapatkan penghargaan dari Kanwil Kemenag sebagai desa yang berhasil menjadi percontohan desa penjaga kerukunan antarumat beragama.

"Sebetulnya satu setengah bulan yang lalu Kakanwil Kemenag telah memberikan penghargaan bagi Senduro yang sudah memberikan referensi kerukunan beragaman yang kuat, yaitu di Senduro ini. Dimana proses yang terbangun antarumat beragama di sini, yaitu mereka tetap bersama-sama saling menghormati dan harmoni di tengah keberagaman," kata Khofifah Indar Parawansa.

Ia menyatakan, mayoritas masyarakat di Senduro beragama Hindu.

Banyak tamu dari luar daerah yang datang ke sini untik beribadah di pura.

Namun mereka tetap rukun saling menghormati antarumat beragama dan tidak pernah terjadi konflik antarumar beragama.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter Dikenalkan di Jawa Timur, Ini Daftar Harganya untuk OTR Surabaya

Hanya Butuh Waktu 3 Menit, Pria di Kota Batu Gasak Uang di Kota Amal Musala, Aksinya Terekam CCTV

"Bahkan ketika ada tamu dari luar daerah yang datang untuk sembahyang, masyarakat yang membuka home stay adalah mereka yang muslim. Dan kerukunan di sini tetap terjaga sehingga kita bisa menjadikan ini referensi bagi daerah yang lain," kata Khofifah Indar Parawansa.

Pasalnya kerukunan menurut wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini, adalah modal pembangunan. Pembangunan tidak akan berhasil jika masyarakatnya tidak rukun, terpecah belah, dan juga terjadi konflik. Begitu juga dari sektor ekonomi dan pendidikan.

"Maka Jawa Timur sebagai bumi majapahit adalah representasi nusantara. Maka jika daerah lain ingin merepresentasikan bhineka tunggal ika, maka silakan berkunjung ke Senduro," tegas Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Khofifah Gowes Bareng Penyintas Covid-19 Lumajang, Bagi-bagi Masker Buat Pedagang Pasar

Potensi Tsunami 20 Meter Diprediksi Terjadi di Lumajang, BPBD Siapkan Antisipasi

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, best practice Senduro patut untuk ditiru daerah lain di Jawa Timur.

Ia berpesan ke masyarakat Senduro agar tetap menjaga kerukunan dalam keberagaman agar bisa terwariskan ke generasi yang akan datang.

"Pak Presiden Joko Widodo pernah mengatakan bahwa di Indonesia ada 714 suku yang berbeda. Dengan perbedaan suku, adat, dan bahasa, maka dibutuhkan kesepahaman untuk mengatasinya dan di Senduro ini bisa jadi referensinya," pungkas Khofifah.

Editor: Dwi Prastika

SKB CPNS 2019 di Tulungagung, Ini Alur yang Dilewati Peserta, Mulai Cek Suhu hingga Masuk Ruangan

43 Warga Terdampak Pembangunan Bendungan Bagong Gugat Ke Pengadilan Negeri Trenggalek

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved