Breaking News:

Pakailah Internet untuk Riset dan Unggah Produk di Media Sosial

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memukul semua sektor, termasuk sektor IKM dan UMKM. Mereka dituntut tetap bertahan di kehidupan baru adaptif.

Editor: Dwi Prastika

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pandemi virus Corona ( Covid-19 ) yang tak kunjung usai memukul semua sektor, salah satunya ialah sektor Industri Kecil Menengah (IKM) dan UMKM. Mereka dituntut agar tetap bertahan di kehidupan baru yang adaptif.

Pandemi ini membuat para pelaku usaha diharuskan untuk membuat strategi untuk meningkatkan omzet penjualan. Satu di antaranya melalui pengembangan produk dan peningkatan pemasaran produk.

Hal tersebut dijelaskan oleh Konsultan Diagnosis IKM, Niskha Sandriana, saat menjadi narasumber dalam kegiatan webinar “Pelatihan Pengembangan Produk dan Peningkatan Pemasaran Produk IKM” Malang Beli Produk Lokal (Malpro) Vol 2.

Webinar ini digelar Harian Surya secara virtual pada tanggal 28 Oktober 2020 lalu. Selain Niskha, narasumber lainnya adalah pemilik Kebun Sayur Surabaya, Mehdy Riza.

Niskha menyebut, pandemi Covid-19 merupakan 'giant killer' bagi para pelaku usaha. Beberapa di antaranya ialah perusahaan-perusahaan besar yang menyatakan dirinya bangkrut saat pandemi.

Oleh karenanya, di masa pandemi ini dia memberikan tips kepada para pelaku usaha agar mampu bertahan. Yakni dengan menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada.

"Kecepatan teknologi sangat berpengaruh terhadap bisnis. Dulu hanya offline sekarang dengan kecepatan teknologi industri 4.0 semua sudah pakai internet dan Artificial Intelejen. Kondisi seperti itu harus kita ikuti. kalau kita tidak menyesuaikan diri, maka kita tidak mampu untuk bertahan di masa seperti sekarang ini," ucapnya.

Perempuan berkerudung itu menganggap, para pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan cepat di masa saat ini. Dengan begitu, dia yakin, pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan perubahan yang saat ini sedang terjadi.

Hal pertama kata dia, yang harus dilakukan ialah dengan menentukan target pasar. Dikarenakan, target pasar merupakan gambaran seorang pelaku usaha saat akan menjual produknya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved