Kenalkan Potensi Desa Sejarah, Pemuda Kepung Kediri Menangi Lomba Video Dokumenter

Sekelompok pemuda asal Desa Brumbung Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur berhasil juarai lomba mengenalkan potensi desa

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Yoni Iskandar
farid Mukarrom/Tribunjatim
Pemuda Asli Kepung Kediri pemenang lomba video dokumenter dengan kenalkan potensi desa sejarah saat berada di Museum Desa Brumbung Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Jumat (13/11/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Sekelompok pemuda asal Desa Brumbung Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur berhasil juarai lomba mengenalkan potensi desa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Republik Indonesia.

Tim Asli Brumbung ini berhasil memenangi lomba yang mengangkat tema cerita budaya desa.
Syamsul Huda sebagai ketua tim mengatakan bahwa dirinya bersama kawannya ingin mengenalkan potensi desanya yang dikenal memiliki banyak penemuan situs benda cagar budaya.

“Awalnya bingung konsep apa yang akan diangkat. Sempat kepikiran mau angkat tema pengairan karena desa ini dulunya terkenal itu," katanya kepada TribunJatim.com.

Kemudian Syamsul Huda memikirkan bahwa nantinya ia akan menemui kesulitan jika ambil tema pengairan.

"Lalu saya coba diskusikan dengan teman - teman dan dikembangkan lagi dengan mengarah kepada kebudayaan desa," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Dalam video yang dibuat oleh pemuda Brumbung ini menampilkan kegiatan kesenian, peninggalan sejarah, kuliner tradisional, ritual adat, aktivitas sehari-hari masyarakat, hingga sistem pertanian di Desa Brumbung.

Baca juga: Plt Bupati Jember Kembalikan Ratusan Orang PNS ke Gerbong KSOTK 2016 Sesuai Perintah Mendagri

Baca juga: Prediksi Big Match UEFA Nations League Portugal vs Prancis, Kans Ronaldo dkk Tambah Luka Les Bleus

Baca juga: Shin Tae-Yong Resmi Umumkan 38 Pemain di TC Timnas Indonesia U-19

"Jadi dalam video yang berdurasi 7 menit 53 detik itu menceritakan bahwa Desa Brumbung adalah desa kuno yang sudah ada sejak zaman kerajaan masa lampau," lanjut Huda menjelaskan.

Masih kata Syamsul Huda bahwa di Desa Brumbung ini banyak cagar budaya seperti Prasasti Paradah 2 yang dikeluarkan pada abad 9 dan terdapat kata Gneng.
"Banyak benda cagar budaya di tempat ini, salah satunya kemarin pentirtaan kuno terbesar yang pernah ditemukan," ungkapnya.

Yusuf mengakui bahwa dalam proses pembuatan video ini juga tetap mengalami kendala dan kesulitan.

"Proses editing menjadi bagian yang tersulit, karena kita orang desa yang masih butuh belajar banyak. Selain itu peralatan kami juga tak canggih, hanya menggunakan handphone dan bukan camera asli," ujarnya.

Kini dengan prestasi yang diraih ini, setidaknya membuka mata masyarakat bahwa Kabupaten Kediri memiliki potensi besar dalam sejarah.

"Alhamdulillah, awalnya tak menyangka, padahal video yang lain bagus-bagus. Tetapi kami tidak akan berhenti sampai video Ini saja. Kami punya proyek bikin video lebih bagus lagi dengan terus mengembangkan Desa Brumbung ini," pungkasnya. (Farid M/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved