Breaking News:

Januari 2021 Diperbolehkan Gelar Sekolah Tatap Muka, Gubernur Khofifah Siapkan Masterplan Jatim

Januari 2021 sudah diperbolehkan gelar sekolah tatap muka, Gubernur Khofifah Indar Parawansa siapkan masterplan untk Jawa Timur.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat memberi sambutan dalam kegiatan peringatan Hari Guru di Islamic Center, Senin (23/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Provinsi Jawa Timur telah bersiap untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang direncanakan pemerintah pusat akan dilaksanakan mulai Januari 2021. 

Sebagaimana wawancara dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, seusai peringatan Hari Guru di Islamic Center, ia menegaskan bahwa masterplan pembelajaran tatap muka sedang difinalisasi.

Khofifah Indar Parawansa ingin sebelum pembelajaran tatap muka dimulai, prinsip-prisisp teknis pelaksanaaan di lapangan benar-benar direncanakan, demi melindungi seluruh siswa dari kemungkinan terpapar virus Corona ( Covid-19 ). 

"Mau tidak mau kita harus akui bahwa dari pandemi Covid-19, yang terdampak signifkan adalah proses pembelajaran kita. Ada titik-titik di pegunungan, di pedalaman yang sulit akses internetnya," kata Khofifah, Senin (23/11/2020).

Hal itu pula yang menginisasi Jawa Timur meluncurkan Anjungan Belajar Mandiri. Yang dijadikan instrumen belajar jarak jauh bagi para siswa yang ada di kawasan kepulauan agar bisa dapat akses internet. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Pengumuman UMK Jawa Timur 2021, Surabaya dan Kawasan Ring 1 Lain Naik Rp 100 Ribu

Baca juga: Guru SD dan SMP di Surabaya Harus Kembali Ngantor Mulai Besok, Persiapan Sekolah Tatap Muka

Menurut Khofifah, pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 memang masih harus terus dimaksimalkan. Oleh sebab itu, menanggapi Mendikbud yang memberikan gambaran bahwa awal 2021 proses pembelajaran tatap muka sudah mulai diperbolehkan, maka kini Jawa Timur benar-benar tengah bersiap.

"Saat ini kita harap bahwa persiapan untuk bisa melakukan proses belajar yang lebih masif, dimana Mendikbud memberikan gambaran awal 2021 akan sudah dimulai, maka sekarang kita sudah mulai siap-siap semuanya," kata gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini. 

Ia kini sedang menyiapkan sekolah-sekolah. Dipastikan bahwa sekolah sebelum dibuka harus dilakukan penyemprotan disinfektan, dan kursi-kursi di dalam kelas seluruhnya dalam kondisi menjaga jarak antarsiswa. 

Baca juga: Ini Rincian Besaran UMK Jawa Timur 2021 Masing-masing Kabupaten/Kota, Surabaya Tertinggi

Baca juga: Beberapa Sekolah di Surabaya Mulai Pembelajaran Tatap Muka, Ingat Pesan Ibu: Terapkan Prokes Ketat

Kemudian ia juga menyebut bahwa titik-titik sekolah yang dimungkinkan bisa dilakukan akselerasi jumlah dan luas ruang kelas, maka bisa dimaksimalkan. 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved