Breaking News:

PT KAI Daop 7 Madiun Mulai Buka Layanan Tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk Libur Natal dan Tahun Baru

PT KAI Daop 7 Madiun mulai membuka layanan pemesanan tiket jarak jauh periode libur Natal dan Tahun Baru 2021.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM/PT KAI
PT KAI Daop 7 Madiun mulai membuka layanan pemesanan tiket jarak jauh periode libur Natal dan Tahun Baru 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun mulai membuka layanan pemesanan tiket jarak jauh periode libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Pemesanan tiket tersebut dapat dilakukan masyarakat melalui aplikasi KAI Acces, dan kanal penjualan resmi lainya.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, ada beberapa KA yang berangkat atau melintas di wilayah Daop 7 Madiun, yaitu KA Bima, Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Malabar, Jayakarta dan Matarmaja.

Sedangkan yang berangkat dari wilayah Daop 7 terdapat KA Brantas relasi Blitar–Pasar Senen serta KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong, di beberapa tanggal juga dioperasikan KA Singasari yang berangkat dari Blitar dan KA Anjasmoro keberangkatan Stasiun Jombang, keduanya tujuan Pasar Senen Jakarta.

"Namun apabila antusiasme masyarakat untuk menggunakan KA tinggi pada periode libur Natal dan Tahun Baru, KAI akan mengoperasikan kembali beberapa KA reguler untuk mengakomodasi permintaan masyarakat," kata Ixfan Hendriwintoko dalam rilisnya, Senin (30/11/2020).

Dijelaskan Ixfan Hendriwintoko, sampai dengan saat di tengah pandemi Covid-19, KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA jarak jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan dalam mematuhi physical distancing.

"Untuk itu, kami berharap bagi pelanggan KA yang ingin melakukan bepergian sebaiknya direncanakan sejak jauh hari dan menyesuaikan dengan hari libur serta cuti bersama yang telah diatur ulang oleh pemerintah," ucap Ixfan Hendriwintoko.

Baca juga: Dorong Peningkatan Keterampilan, Ketua PKK Nganjuk Apresiasi Pelatihan Kerajinan dari Kain Perca

Baca juga: Pemkab Nganjuk Mulai Sosialisasi Aplikasi e-Kinerja untuk TPP ASN Tahun 2021

KAI berharap, walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa angkutan KA. Ini setelah KAI menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk operasional kereta api. Mulai dari stasiun keberangkatan, selama dalam perjalanan di atas KA, hingga stasiun tujuan.

Persyaratan bagi pelanggan yang akan naik KA baik jarak jauh atau jarak dekat tetap sama. Yaitu pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Sedangkan pelanggan KA jarak jauh, tambah Ixfan Hendriwintoko, ada tambahan persyaratan berupa wajib menunjukkan surat bebas Covid-19 (tes PCR/rapid test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Atau surat keterangan bebas gejala influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/Puskesmas, bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau rapid test.

"Bagi pelanggan yang berkeinginan memanfatkan rapid test murah seharga Rp 85.000, Daop 7 Madiun telah menyediakan sebanyak 5 stasiun yaitu, di Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri dan Stasiun Blitar," tutur Ixfan Hendriwintoko.

Editor: Dwi Prastika

Baca juga: Pemkab Nganjuk Siapkan Holding BUMD Kelola Proyek Strategis Nasional, Januari 2021 Bakal Beroperasi

Baca juga: Bupati Nganjuk Gerilya di Kementerian untuk Kepastian Anggaran Proyek Strategis Nasional

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved