Breaking News:

Trenggalek Innovation Festival 2020, Cara Mas Ipin Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat Lewat Inovasi

Trenggalek Innovation Festival 2020 jadi cara Bupati Mas Ipin meningkatkan pelayanan ke masyarakat lewat inovasi.

TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Bupati Trenggalek, Mas Ipin saat sambutan dalam pagelaran Trenggalek Innovation Festival 2020 di Anjungan Cerdas, Kecamatan Tugu, Senin (14/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Para organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek memamerkan tiap-tiap inovasinya dalam ajang Trenggalek Innovation Festival 2020 (TIF) yang digelar pada 14-15 Desember 2020.

TIF yang digelar kali kedua ini merupakan cara Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin memunculkan inovasi-inovasi baru untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Trenggalek.

Maka dalam kegaitan itu, ia menekankan pentingnya inovasi kepada para aparatur sipil negara (ASN) di tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Pria yang akrab disapa Mas Ipin itu mengatakan, inovasi baru bisa disebut inovasi dan diterima apabila memenuhi beberapa unsur. Salah satunya, manfaat inovasi tersebut bagi masyarakat.

“Inovasi bukan sekadar untuk difestivalkan saja, kemudian diikutkan lomba dan hanya mengejar juaranya saja. Yang ingin saya tekankan, setiap inovasi harus memiliki visi,” ujar dia, saat mengisi acara TIF secara virtual, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Harga Tiket Masuk Pantai Kebo, Wisata Baru di Trenggalek yang Viral, Nikmati Pesona Bukit Hijau

Dari visi itu, lanjut Mas Ipin, para ASN di tiap OPD baru kemudian mencari regulasi untuk inovasi yang ada. Langkah selanjutnya adalah mencari mitra untuk berkolaborasi.

“Baru setelah itu, eksekusi dengan kreativitas dan kreasi. Maka, hasil itu yang dinamakan inovasi,” ucap Mas Ipin.

Karena dibuat oleh pemerintah daerah, ia juga menekankan bahwa inovasi harus mengandung percepatan dan perbaikan layanan bagi warga.

“Kalau tidak ada visinya, tidak menyenangkan masyarakat. Nanti tidak boleh dihadirkan lagi di TIF selanjutnya. Inovasi yang dibuat harus membumi dan dirasakan masyarakat. Ujungnya, kepuasan masyarakat,” tutur bupati berusia 30 tahun itu.

Baca juga: Tekan Angka Kasus Covid-19 di Trenggalek, Bupati Mas Ipin Siapkan Tes Swab Gratis

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved