Breaking News:

Pemkab Tuban Larang Perayaan Tahun Baru, Potensi Menimbulkan Kerumunan di Tengah Pandemi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Tuban mengeluarkan surat antisipasi tentang penyebaran virus corona pada bulan Desember 2020 dan tahun baru 2021.

SURYA/M SUDARSONO
Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi forkopimda saat konferensi pers terkait perkembangan virus Corona di lingkungan Setda, Rabu (27/5/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Pemerintah Kabupaten Tuban mengeluarkan surat antisipasi tentang penyebaran virus Corona pada bulan Desember 2020 dan tahun baru 2021.

Surat edaran tersebut ditandatangani Bupati Tuban, Fathul Huda pada Kamis 17 Desember 2020.

Satu di antara beberapa poin berisi tentang pelarangan perayaan pergantian Tahun Baru 2021 yang berpotensi menimbulkan kerumunan. 

"Benar adanya pelarangan perayaan tahun baru 2021, karena Tuban masih dalam zona merah sebaran Covid-19," kata Jubir Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati, Jumat (18/12/2020). 

Adapun isi poin lainnya yaitu seluruh kegiatan yang berpotensi mendatangkan massa dibatasi. 

Baca juga: Satu Orang Tewas dalam Kecelakaan Dua Truck di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri 

Baca juga: Penanganan Covid-19 Trenggalek, Kecamatan Terbaik Dapat Award, Terburuk Dapat Bendera Tengkorak

Kemudian, masyarakat agar membatasi, mengurangi atau menunda kegiatan resepsi atau hajatan, pentas seni, budaya maupun keluar kota. 

Pengelola usaha membatasi sirkulasi pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Penyelenggaraan natal bagi jemaat dibatasi 30 persen dari jumlah kapasitas ruangan yang ada. 

Bagi warga di luar Tuban yang akan bermalam wilayah Tuban agar menunjukkan hasil rapid tes non reaktif 2 hari sebelumnya.

"Semua yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas, karena saat ini sudah zona merah," pungkas Endah yang juga sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban.

Sekadar diketahui, berdasarkan data satgas pencegahan Covid-19 Jawa Timur, Kabupaten Tuban kembali menjadi zona merah sebaran virus Corona, Senin (14/12/2020). 

Data satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tuban per Kamis (17/12/2020), angka kumulatif saat ini mencapai 1245 kasus, rinciannya 774 sembuh, 349 dirawat dan 122 meninggal. (SURYA/M Sudarsono)

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: M Sudarsono
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved