Breaking News:

Penanganan Covid

RSUD Grati Pasuruan Punya Mesin Pemulasaran Jenazah Covid-19, Keluarga Pasien Bisa Lihat Prosesnya

RSUD Grati Pasuruan sudah punya mesin pemulasaran jenazah Covid-19, pihak keluarga pasien bisa lihat prosesnya di ruang edukasi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Alat atau mesin pemulasaran jenazah Covid-19 di RSUD Grati Pasuruan, Kamis (14/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Upaya Pemkab Pasuruan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya penanganan Covid-19 (virus Corona) di Pasuruan terus dilakukan.

Kali ini, RSUD Grati sudah mempunyai alat atau mesin pemulasaran jenazah Covid-19.

Ada dua mesin sekaligus yang sudah difungsikan sejak seminggu lalu.

Direktur RSUD Grati, drg Dyah Retno Lestari mengatakan, kedatangan mesin ini sangat dinantikan, sebab bisa memecah pemulasaran pasien Covid-19 yang selama ini hanya dilakukan di RSUD Bangil.

“Banyak keluarga pasien yang gundah dan resah, karena masih harus dibawa ke RSUD Bangil untuk dipulasarakan. Baru setelah selesai, kembali dibawa keluarga, diantar petugas pemulasaran diikuti pihak keluarga untuk langsung dimakamkan,” kata Dyah Retno Lestari, Kamis (14/1/2021).

Dia menjelaskan, sejak dioperasionalkan seminggu lalu, sudah ada empat jenazah Covid-19 yang dipulasarakan di RSUD Grati. Semuanya berjalan normal dan lancar.

Baca juga: Hendak Buang Air di Sungai, Warga Pasuruan Temukan Mayat Perempuan Tanpa Busana

Baca juga: Bupati Lumajang Thoriqul Haq Berikan Beasiswa ke Ratusan Mahasiswa, Bantu Ringankan Biaya Pendidikan

"Semua tenaga medis yang khusus pemulasaran jenazah sudah dilatih terlebih dahulu. Kami punya laki-laki dan perempuan. Jadi kalau jenazah perempuan, petugasnya perempuan, kalau laki-laki ya petugasnya sejenis," urainya.

Dyah Retno Lestari menjelaskan, mesin ini sangat membantu dalam menghindari sentuhan fisik antara petugas dengan jenazah Covid-19.

"Mesin dirancang tertutup dengan dilengkapi pelindung kaca plus ada aliran air mengalir seperti pancuran. Air tersebut bisa mengenai seluruh permukaan kulit jenazah, dari segala arah," papar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved