Breaking News:

Pasca Banjir Warga Yang Jadi Korban banjir di Jember Butuh Penguras Sumur dan Air Bersih

Warga Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember yang terdampak banjir membutuhkan air bersih, dan pengurasan sumur.

bobby Koloway/surya
PKS Jawa Timur menyalurkan bantuan untuk ara korban terdampak bencana alam di Jember. 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Warga Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember yang terdampak banjir membutuhkan air bersih, dan pengurasan sumur, Minggu (17/1/2021), banjir susulan sudah kembali surut.

Pada Sabtu (16/1/2021), banjir susulan terjadi di desa tersebut. Akibatnya, warga yang sempat pulang dari posko pengungsian, kembali lagi ke Balai Desa Wonoasri yang menjadi lokasi pengungsian.

Namun pada Minggu (17/1/2021) siang, warga kembali ke rumah masing-masing setelah air kembali surut.

Meski begitu, warga tetap mendapatkan pasokan makanan siap saji. Kali ini, makanan siap saji itu disediakan oleh dapur umum Tagana Dinas Sosial yang berdiri di Balai Desa Wonoasri. Selain itu, bantuan makanan siap saji dari donatur juga mengalir kepada warga terdampak banjir.

Sampai petang, tidak ada lagi banjir susulan di kawasan itu. Sehingga, warga setempat berani untuk beraktivitas. Air bersih, merupakan yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas tersebut.

"Besok warga butuh pengurasan sumur, juga dropping air bersih," ujar Sekretaris Desa Wonoasri, Suharyono kepada TribunJatim.com, Minggu (17/1/2021) malam.

Baca juga: Pasien Terlantar Telah Dijemput Tim Homecare RSUD Gambiran Kota Kediri

Baca juga: Kubu Machfud Arifin Optimis Hadapi Sidang di MK: Bukti Sudah Lengkap

Baca juga: AWAS Maling Beraksi Saat Jam Malam! Kedai di Kota Malang Dibobol, Peralatan Kopi Rp 15 Juta Ludes

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember telah menyiapkan tandon air bersih. Karenanya, air bersih bisa disimpan di tandon tersebut.

Sebelumnya, tidak ada tandon air bersih di posko pengungsian Balai Desa Wonoasri. Sehingga BPBD Jember membuat kolam tandon air bersih portabel.

Sementara itu, warga membutuhkan pengurasan dan pembersihan sumur, supaya air sumur mereka bisa dikonsumsi. Sumur warga termasuk yang terdampak banjir, akibat tingginya genangan air banjir di desa tersebut.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember siaga membersihkan sumur warga. Pada Sabtu (16/1/2021), setelah banjir besar pertama surut, petugas PMI Jember mensterilkan sumur warga. Petugas PMI menguras sumur, dan mensterilkannya dengan memberikan tawas.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved