Kubu Machfud Arifin Optimis Hadapi Sidang di MK: Bukti Sudah Lengkap

Tim Kuasa Hukum Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman optimistis menghadapi persidangan di Mahkamah Konstitusi

TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Machfud Arifin-Mujiaman saat menyampaikan sikap di posko MA Centre Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Kamis (17/12/2020).  

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tim Kuasa Hukum Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman optimistis menghadapi persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mereka meyakini MK akan mengabulkan seluruh tuntutan yang diajukan.

"Bukti sudah kami siapkan. Ini menjadi strategi kami untuk menang di sidang nanti," kata tim pengacara Machfud-Mujiaman, Muhammad Soleh kepada Surya.co.id, Minggu (17/1/2021).

Hal ini akan memendukung sejumlah dalil permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKada) di MK.

"Beberapa persoalan yang kami bawa MK: mulai dari netralitas ASN, keterlibatan kepala daerah secara masif, dan beberapa agenda permasalahan di MK," katanya kepada TribunJatim.com.

Untuk diketahui, KPU Surabaya menjadi satu di antara tiga daerah asal Jatim yang mendapat gugatan di MK. Selain Surabaya, ada juga KPU Banyuwangi dan Lamongan.

Dalam berkas permohonan yang disampaikan Machfud Arifin-Mujiaman, ada sejumlah dugaan pelanggaran yang dilakukan rivalnya, pasangan Eri Cahyadi dan Armuji. Mereka pun menyampaikan sejumlah petitum.

Baca juga: Pasien Terlantar Telah Dijemput Tim Homecare RSUD Gambiran Kota Kediri

Baca juga: Pajak PBB di Surabaya Tahun ini Tidak Naik, Ini Penjelasannya

Baca juga: Gara-gara Covid-19, Mulai Besok, Bupati Bangkalan Tutup 11 Kantor Pemerintahan Selama 5 Hari

Di antaranya, memohon MK membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya Nomor: 1419/PL.02.6-Kpt/3578/KPU-Kot/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Tahun 2020, tanggal 17 Desember 2020, pukul 12.47 WIB.

Kemudian, mendiskualifikasi Pasangan Calon Nomor Urut 1 Eri Cahyadi, S.T., M.T. - Ir. Armudji sebagai Pemenang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Surabaya. Juga, memerintahkan KPU Kota Surabaya untuk menerbitkan surat Keputusan yang menetapkan Pasangan Calon Nomor Urut 2 Drs. Machfud Arifin, S.H. - Mujiaman yaitu sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Surabaya Tahun 2020.

Serta, memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya untuk melaksanakan putusan ini.

MK akan memulai sidang pemeriksaan gugatan Pilkada pada tanggal 26 hingga 29 Januari. Sementara putusan hasil gugatan Pilkada digelar pada 19-24 Maret. (bob/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved