Breaking News:

Pentingnya Asupan Gizi Seimbang dan Strategi Diet Garam Saat Pandemi Covid-19

Pentingnya asupan gizi seimbang dan strategi diet garam saat pandemi Covid-19. Hal itu guna menjaga imunitas tubuh.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Dwi Prastika
ngs
Ilustrasi garam 

Reporter: Sri Handi Lestari | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hingga kini permasalahan gizi seperti stunting, obesitas, dan kurangnya konsumsi makanan dengan gizi seimbang, masih menjadi tiga permasalahan gizi utama di Indonesia.

Pada Hari Gizi Nasional (HGN) yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, menjadi pengingat akan masih adanya permasalahan gizi tersebut.

"Apalagi di tahun ini dimana ada pandemi Covid-19. Asupan gizi seimbang dan strategi diet rendah garam, guna menjaga imunitas tubuh menjadi sangat penting," jelas pakar gizi, dr Johanes Chandrawinata, saat menjadi narasumber untuk kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh PT Ajinomoto Indonesia bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Minggu (31/1/2021).

Menurutnya, mengentaskan permasalahan gizi, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini menjadi semakin krusial.

Pandemi Covid-19 ini mengharuskan orang untuk menjaga daya tahan tubuh yang optimal dan pada saat yang sama juga menjaga serta memperbaiki kesehatan tubuh, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Beri Kontribusi Sosial ke Masyarakat, Ajinomoto Sabet Penghargaan Perusahaan CSR Terbaik dari BAZNAS

"Sistem imun selalu aktif melaksanakan pengawasan, namun aktivitasnya meningkat jika individu terkena infeksi," lanjut dr Johanes.

Peningkatan aktivitas ini disertai peningkatan metabolisme, yang memerlukan sumber energi dan bahan untuk biosintesa dan molekul pengatur. Sumber energi dan bahan molekul pengatur ini tentunya berasal dari diet.

"Karena itu kecukupan asupan berbagai jenis zat gizi sangat penting untuk menunjang sistem imun berfungsi secara optimal,” jelas dokter yang akrab disapa dr Jo tersebut.

Melakukan diet rendah garam menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya penyakit degeneratif.

Baca juga: Dalam Momen Topping Off The Grand Stand Apartment Surabaya, Developer Beri Promo Besar-besaran

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved