Breaking News:

Ternak Warga Brau Batu Dievakuasi karena Masih Adanya Potensi Longsor

Bencana longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu masih mengancam. Hingga Minggu sore (7/2/2021), masih terdapat sejumlah warga tinggal

TribunJatim.com/ Benni Indo
Evaluasi hewan ternak di Batu 

Reporter: Benni Indo | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Bencana longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu masih mengancam. Hingga Minggu sore (7/2/2021), masih terdapat sejumlah warga tinggal di pengungsian. Mereka memilih tinggal di pengungsian karena rumah berpotensi terkena bencana longsor.

Pusdalops BPBD Batu mencatat, total warga yang terdampak sebanyak 16 KK yang terdiri atas 51 jiwa. Pengungsi yang terdampak dan sudah menempati tenda keluarga pengungsi sebanyak 8 KK yang terdiri atas 28 jiwa.

“Sedangkan jumlah ternak terdampak sebanyak 30 ekor sapi dan 13 ekor kambing,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu, Achmad Choirur Rochim, Minggu (7/2/2021).

Diterangkan Rochim, longsor terjadi di RT 2/RW 10. BPBD Batu juga melaporkan pengoperasian dapur umum mandiri oleh warga untuk pemenuhan kebutuhan makanan warga terdampak. Ada juga pendirian tenda tambahan untuk pengungsi.

“Kami juga melakukan pengecekan retakan tanah menggunakan alat seismograf  dan pemantauan secara visual udara bersama BPBD Provinsi Jawa Timur.

PPKM Jilid II di Malang akan Berakhir, Wali Kota Sutiaji Tunggu Petunjuk dari Pusat

Petugas standby 24 jam untuk mengawasi gerakan tanah dan apabila terjadi tanah longsor di area pemukiman penduduk,” papar Rochim.

BPBD Batu mengimbau, Berkenaan dengan keterbatasan tempat dan berisikonya akses jalan menuju Dusun Brau, Desa Gunungsari terhadap potensi longsor, masyarakat yang akan memberikan bantuan kepada pengungsi agar berkoordinasi dengan Pusdalops BPBD Kota Batu. Alamatnya berada di Jl Raya Punten No. 8 A, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Hujan dengan potensi sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi hingga tanggal 8 Februari 2021 di Kota Batu. Berdasarkan prakiraan dari BMKG Juanda, hujan terjadi mulai siang hingga malam hari. Kota Batu termasuk wilayah yang akan diterpa hujan saat pagi dan siang hari. (Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved