Breaking News:

Gandeng Kusuma Agrowisata Untuk Kembangkan Bakat Wirausaha Mahasiswa Unej

Universitas Jember (Unej) menjalin kerjasama dengan PT Kusuma Satria Dinasastri Wisatajaya, pengelola Kusuma Agrowisata, Batu.

Humas Unej
Dirut Kusuma Agrowisata Edy Antoro (kiri) usai menandatangani MoU dengan Rektor Unej Iwan Taruna, Senin (15/3/2021) 

Penulis : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Universitas Jember (Unej) menjalin kerjasama dengan PT Kusuma Satria Dinasastri Wisatajaya, pengelola Kusuma Agrowisata, Batu.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman antara Rektor Universitas Jember Iwan Taruna dengan Direktur Utama Kusuma Agrowisata Edy Antoro di ruang kerja rektor, Senin (15/3/2021).

Kerjasama itu menyepakati, mahasiswa Unej untuk magang selama satu semester di Kusuma Agrowisata, Batu.

Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan, di era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, mahasiswa memperoleh kebebasan untuk melaksanakan magang, riset dan proyek ilmiah lainnya di luar kampus.

"Untuk memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan magang, kami menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, baik lembaga pemerintah, sesama perguruan tinggi, hingga lembaga swasta," ujar Iwan kepada TribunJatim.com.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah menggandeng alumnus yang sukses membangun usaha. Dirut Kusuma Agrowisata Edy Antoro merupakan alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman (MOU/Memorandum of Understanding), yang dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dekan Fakultas Pertanian, Prof Soetriono dengan Edy Antoro. Keberadaan MoU dan PKS itu, maka mahasiswa Universitas Jember dapat melaksanakan magang selama satu semester bahkan lebih di Kusuma Agrowisata, Batu.

Baca juga: Ketua DPD RI Prihatin Desa Rawan Bencana di Gunung Kidul, Minta Pemerintah Segera Atasi

Baca juga: Sherrin Tharia Lepas Hijab Pasca Cerai dari Zumi Zola yang Terjerat Korupsi, sempat Rela Jualan Kue

Baca juga: Edarkan Uang Palsu di Tulungagung dan Trenggalek, 2 Orang Ini Terancam 15 Tahun Penjara

“Kami ingin mahasiswa yang magang nantinya tidak sekadar menggugurkan kewajiban saja, tapi benar-benar terjun mendalami dunia kerja. Sebab adanya kemudahan magang, riset dan proyek ilmiah lainnya di luar kampus di Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar bertujuan membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata agar siap bekerja," tegas Iwan.

Pihaknya, lanjut Iwan Taruna, sengaja menggandeng alumnus yang memiliki kepedulian lebih kepada almamater sehingga harapannya bisa membimbing juniornya.

Selain menggandeng Kusuma Agrowisata, Universitas Jember sudah merencanakan menjalin kerjasama dengan para alumnus Universitas Jember lainnya dalam waktu dekat.

Sementara itu kesediaan membimbing mahasiswa Universitas Jember disampaikan oleh Edy Antoro. Pengusaha sukses asal Jember ini menceritakan pengalamannya membina mahasiswa yang magang di tempat usahanya.

“Di Kusuma Agrowisata, peserta magang tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai pertanian, wisata, bisnis atau mengelola SDM saja, tapi juga kami bimbing mulai merintis usaha sendiri. Sering saya ngobrol dengan mereka di awal masa magang, banyak diantara mereka yang punya banyak potensi namun belum tahu bagaimana menata diri dan belum punya strategi memasuki dunia kerja,” ujar Edy Antoro.

Kerjasama dengan Kusuma Agrowisata juga diharapkan memunculkan gairah berwirausaha di kalangan mahasiswa. Melalui program magang itu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung sehingga diharapkan memunculkan ide dan kreativitas mahasiswa.

“Wirausaha itu tidak bisa dipelajari di dalam kelas saja, tapi harus mau belajar dan terjun langsung di lapangan,” pungkas alumnus yang mulai kuliah di Unej tahun 1980 itu.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved