Breaking News:

DPRD Surabaya Desak Minimarket Hentikan Jual Kopi atau Izin Dicabut: Menyalahi Perizinan Minimarket

Keberadaan mini cafe yang menyediakan coffe shop, dan makanan siap saji di minimarket di Surabaya Disoal. Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mahfudz

TribunJatim.com/ Nuraini Faiq
Anggota DPRD Surabaya Mahfudz 

Reporter: Nuraini Faiq | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Keberadaan mini cafe yang menyediakan coffe shop, dan makanan siap saji di minimarket di Surabaya Disoal. Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mahfudz menyebut bahwa mini cafe itu menyalahi aturan perizinan. 

"Kalau perlu mini market yang tetap menyediakan coffe shop itu disanksi tegas dengan dicabut izinnya. Ini menyalahi perizinan minimarket atau swalayan," kata Mahfudz, Senin (22/3/2021).

Politisi muda PKB ini menyebut Banyak minimarket baik Indomaret maupuj alfa Mart merambah membuat semacam cafe di dalam toko medern mereka. Tidak saja kopi, aneka makanan cepat saji dan dimasak itu juga tersedia. 

Baca juga: Kolam Renang Khusus Hijabers di Gresik, Dibuat di Bekas Lokasi Galian Batu Kapur

Minimarket yang membuka kafe didalamnya itu dinilai jelas menyalahi aturan sehingga izinnya harus dicabut. Dan mendesak Disperindag Kota Surabaya agar menertibkan minimarket yang membuka kafe didalam minimarket.

“Kasihan pedagang kecil dan Warung kopi. Main bisnis minimarket telah menyalahi aturan Perda Swalayan dan Minimarket," tandasya sambil menyebut Perda 8/2014. 

Minimarket itu mestinya cukup menjual barang mentah. Tidak boleh menjual dan memproses barang siap saji atau siap makan.

Kalau jualan ini artinya izinnya cafe atau restoran. 

Mahfudz menghimbau, kepada seluruh minimarket yang ada di Surabaya agar segera menutup kedai kopi, coffe shop mereka sebelum Pemkot Surabaya menutup operasional minimarket tersebut. 

“Pengelola minimarket harus fair. Kalau buka minimarket ya minimarket. Kalau ingin buka kafe ya izin kafe. Bukan minimarket juga cafe," ujar Mahfudz. (Faiq) 

Kumpulan berita Surabaya terkini

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved