Breaking News:

Bom di Makassar

Gereja di Wilayah Kota dan Hingga Desa di Gresik Dijaga Polisi

Polres Gresik bersama personel gabungan menggelar patroli dan pengamanan di sejumlah rumah ibadah, Minggu (28/3/2021).

Willy Abraham/Tribunjatim
Polisi saat mengamankan jalannya ibadah umat kristiani di seluruh wilayah hukum Polres Gresik, Minggu (28/3/2021). 

Reporter : Willy abraham | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Guna memberikan rasa aman dan nyaman saat beribadah, Polres Gresik bersama personel gabungan menggelar patroli dan pengamanan di sejumlah rumah ibadah, Minggu (28/3/2021).

Sekaligus mengantisipasi gangguan dan kejadian yang tidak diinginkan. Pengamanan gereja tidak hanya di wilayah kota saja, bahkan menyasar perumahan dan pedesaan.

Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto menerangkan pengamanan untuk menjaga situasi kamtibmas kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani yang sedang melaksanakan ibadah kebaktian rutin di Gereja wilayah Gresik Kota , Minggu (28/3/2021).

Sebelum dilaksanakan kegiatan kebaktian, Petugas melaksanakan langkah sterilisasi gereja terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan Standart Operational Procedure (SOP) yang harus dilakukan sebelum kegiatan kebaktian gereja berlangsung.

Baca juga: Raffi Ahmad Akuisisi Klub Liga 2 Indonesia Cilegon United?

Baca juga: Bu Nyai Gadungan di Jember Ditangkap Polsek Pakusari, Terlibat Penipuan Modus Bisa Gandakan Uang

Baca juga: Ketua DPD RI Kecam Keras Ledakan Bom di Gereja Katedral Makassar

Petugas juga berkoordinasi dengan petugas pengamanan dari Gereja, memberikan himbauan kepada pengurus gereja dan jemaat yang hadir untuk selalu menerapkan 5 M ( Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas).

Selain itu, petugas juga melakukan pengecekan dan pemeriksaan identitas dan barang bawaan jemaat. Mulai dari sebelum memasuki Gereja untuk mengantisipasi orang-orang yang tidak dikenal guna menghindari adanya hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, mengatakan pengamanan ibadah kebaktian di gereja setiap hari Minggu ini rutin dilaksanakan oleh petugas.

"Sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah sehingga para jemaat Kristiani semakin khusuk dan nyaman dalam melaksanakan ibadah," kata dia.

Ada enam gereja di wilayah Gresik Kota yaitu Gereja Kemah Tabernakel, Gereja St Perawan Maria, Gereja GKJW, Gereja GBI Rock, Gereja Pantekosta dan Gereja Kristus Injili yang setiap hari minggu melaksanakan ibadah kebaktian rutin.

Halaman
123
Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved