Breaking News:

Robusta Jadi Pilihan Kopi Rakyat Jawa Timur

Masyarakat Jawa Timur rupanya lebih menyukai kopi jenis Robusta untuk dikonsumsi daripada jenis Arabica.

sri wahyunik/surya
Santri Al-Hasan 1 Desa Kemiri Kecamatan Panti, Jember, sedang menyiapkan kopi Robusta asli Desa Kemiri di Jember Coffee Centre (JCC) Desa Kemiri 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Masyarakat Jawa Timur rupanya lebih menyukai kopi jenis Robusta untuk dikonsumsi daripada jenis Arabica.

Hal ini diketahui dari penelitian di Pusat Kajian Gastrodiplomasi di Center for Research in Social Sciences and Humanities (C-RiSSH) Universitas Jember.

Menurut salah satu penelitinya, Agus Trihartono, bagi warga Jawa Timur kopi identik dengan rasa pahit. Ini artinya warga Jawa Timur lebih suka dengan kopi Robusta dibandingkan dengan kopi jenis Arabica.

Penelitian tentang pilihan konsumsi kopi itu memakai metode multistage random sampling, dilakukan di 31 kota dan kabupaten di Jawa Timur terhadap 220 responden di wilayah kota dan di desa.

Hasilnya menunjukkan, 24 persen responden baik di kota maupun di desa menyukai kopi yang pahit. Hanya 2,7 persen responden di perkotaan yang menyatakan suka kopi yang berasa agak asam.

Jumlah penyuka kopi dengan rasa agak asam di wilayah desa justru makin kecil, hanya 0,7 persen saja. Penikmat kopi di Jawa Timur ternyata juga lebih suka menikmati kopi di rumah, hal ini dibuktikan dengan jawaban 47,9 persen responden di kota dan 42,5 persen responden di desa.

“Dari data tersebut, ternyata warga Jawa Timur suka kopi Robusta yang memang cita rasanya pahit daripada kopi Arabica yang agak asam," ujar Agus, Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Polisi Bongkar Makam dan Otopsi Jenazah Agita di Kompleks Pemakaman Praloyo Sidoarjo

Baca juga: Aksi Terorisme Libatkan Milenial, Ketua DPD RI, LaNyalla Mengaku Prihatin dan Miris

Baca juga: Dari Hobi Vespa, Pemuda di Kota Blitar Jadi Kolekdol Sepeda Motor Lawas Beromzet Puluhan Juta

Oleh karena itu, lanjut Agus, pihaknya menyarankan kepada pelaku usaha dan pemangku kepentingan di bidang kopi Indonesia untuk fokus memasarkan kopi Robusta ke dalam negeri, karena pangsa pasarnya masih terbuka luas.

Sementara untuk produk kopi Arabica bisa diekspor mengingat jenis kopi ini yang lebih disuka konsumen luar negeri.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved