Breaking News:

Berita Bali

Cerita Pendiri Zero Waste Indonesia Maurilla Sophianti Imron yang Menjalani Gaya Hidup Minim Sampah

Simak cerita Pendiri Zero Waste Indonesia, Maurilla Sophianti Imron yang menjalani gaya hidup minim sampah dan membuat perubahan terhadap lingkungan.

Dokumen Pribadi Maurilla Sophianti Imron
Pendiri Zero Waste Indonesia, Maurilla Sophianti Imron yang menjalani gaya hidup minim sampah dan membuat perubahan terhadap lingkungan hidup. 

Reporter: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, BALI - Gerakan zero waste adalah suatu upaya konservasi sumber daya yang melibatkan produksi, konsumsi, penggunaan kembali dan pemulihan produk hingga kemasannya.

Boleh dikatakan, zero waste adalah suatu gerakan untuk tidak menghasilkan sampah dengan cara mengurangi kebutuhan, menggunakan kembali, mendaur ulang, bahkan membuat kompos sendiri.

Alih-alih membuang sumber daya, penganut gaya hidup zero waste bertujuan untuk membuat sistem di mana semua sumber daya dapat dikembalikan sepenuhnya ke alam.

Maurilla Sophianti Imron menjadi salah satu penganut gaya hidup zero waste sejak akhir tahun 2017.

Wanita yang akrab disapa Mauril ini merupakan pendiri Zero Waste Indonesia (ZWID), yang lebih dulu sadar akan pentingnya hidup tanpa sampah setelah melihat sebuah video documentary dari seorang diver (penyelam) di Nusa Penida, Bali.

“Awal mulanya kalau dihitung kembali, belum lama-lama banget, ya. Banyak organisasi-oorganisasi lain yang membahas tentang lingkungan. Di tahun 2017 akhir merupakan pengalaman pribadi yang lumayan tergelitik dengan apa yang sedang terjadi di bumi. Awalnya melihat documentary dari seorang diver (penyelam) di Nusa Penida,” kata Maurilla Sophianti Imron, Senin (5/4/2021).

Jika mendengar Nusa Penida, sebagian besar orang tentu membayangkan pemandangan yang indah dengan gulungan ombak menyentuh pasir putih membuat wisatawan betah berlama-lama di sana.

Ditambah lagi, Nusa Penida sangat kaya dengan spot-spot dive.

Sambil menyelam, wisatawan bisa berkenalan dengan satwa laut endemik Nusa Penida, yaitu ikan pari yang kerap disebut sebagai manta.

Halaman
1234
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved